Analisis Sosial Ekonomi Petani Karet Di Desa Tumba Julu Kecamatan Manduamas Kabupaten Tapanuli Tengah

Artif Doharman Tumanggor

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Desa Tumba Julu Kecamatan Manduamas Kecamatan Man- duamas. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui informasi Sosial Ekonomi Petani karet dan dilakukan untuk memberikan sedikit masukan kepada masayarakat petani ka- ret dalam mengembangkan usahatani di Desa Tumba Julu Kecamatan Manduamas Ka- bupaten Tapanuli Tengah. Dalam penentuan lokasi penelitian ini ditentukan dengan cara purposive sampling dalam penelitian ini sampel petani adalah petani karet dengan status kepemilikan lahan yaitu milik pribadi atau mengontrak dan berbagai status yang berbeda, maka dalam penelitian ini menggunakan metode studi kasus (case study) yaitu penelitian dijalankan dengan cara terperinci oleh seseorang atau suatu kelompok dalam kurun wak- tu yang telah ditentukan. Metode analisis data menggunakan cara analisis deskriptif, yai- tu dengan memberikan penjelasan bagaimana kondisi sebenarnya dari kehidupan sosial ekonomi petani karet. Kondisi sosial ekonomi petani karet dapat dilihat dari tingkat pen- didikan, tingkat produksi, jumlah pendapatan, luas lahan (hektar), konsumsi rumah tang- ga dan mendaptakan skor pada kuisioner yang telah disediakan dan di interpretasikan dalam bentuk narasi. Dalam penelitian ini dapat diperoleh sebagian besar petani karet memiliki tingkat pendidikan yang masih rendah, luas lahan yang sedikit, pendapatan dari hasil usahatani karet yang masih tergolong rendah. Keadaan ekonomi petani karet juga masih tergolong rendah di sebabkan rendahnya harga dan hasil produksi yang diterima oleh petani karet dari hasil usahatani karet.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, 2004. Psikologi Pendidikan Jakarta : Rineka Cipta

Alam, M. C., Utomo, B., Siregar, A. F., & Santoso, M. A. (2021). Analysis Supply Chain Management of Organic Pakcoy. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 4(2), 78- 87.

Alqamari, M., Kabeakan, N. T. M. B., & Yusuf, M. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DARI LIMBAH BAGLOG UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN PADA KELOMPOK TANI JAMUR TIRAM DI KELURAHAN MEDAN DENAI KECAMATAN MEDAN DENAI. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(1), 73-81.

Alridiwirsah, A., Panjaitan, S. B., & Putra, I. (2018). Pengaruh Pemberian Bio Urin Sapi dan Pangkasan Batang Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Ratun Padi (Oryza Sativa L.) di Atap Beton Rumah. AGRIUM: Jurnal Ilmu Pertanian, 21(2), 136-146.

Anissa, A., Anggraini, A., Putri, S. M., & Putra, Y. A. (2019). Analysis Of Business Feasibility Of Bio Solid Rubber (Bsr) As A Content Of Rubber Vibration. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 2(2), 47-52.

Apriyanti, I. (2019). Analysis of Oil Palm Production Efficiency in PTPN IV Gardens North Sumatra. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 3(1), 45-51.

Ardilla, D., Taufik, M., Tarigan, D. M., Thamrin, M., Razali, M., & Siregar, H. S. (2018). Analisis lemak babi pada produk pangan olahan menggunakan spektroskopi UV vis. Agrintech: Jurnal Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, 1(2).

Badan Pusat Statistik, 2015. Indikator Kesejahteraan Rakyat di Indonesia. BPS Jakarta

Bagus Pramusintho, 2009. Analisis Daya Saing Karet Alam indonesia Bambang Cahyono, 2010. Cara Sukses Bertanam Karet. Pustaka Mina Jakarta Baridwan, 2008. Jurnal Bisanis dan Akutansi. Jurnaltsm.id

Barus, W. A. (2020). [Turnitin] Pertumbuhan dan Hasil Kedelai dengan Aplikasi Limbah Tofu dan Mikoriza Arbuskular pada Tanah Masam. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Bintaro, dan Fandi, 1977. Geografi Sosial. UP Spring. Yogyakarta

Desy Astrid Anandya, 2014. Perlakuan Akutansi Aset Tetap dan Kesesuaian Terhadapa PSAK No. 16 dan PSAK Lain yang terkait pada PT. Askes (Persero). Regional Medan Efrida, R., & Fitria, F. (2019, October). Pelatihan Pembuatan Asinan Buah Rambutan di Desa Petangguhan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp.

-278).

Emil Salim, 1994. Perencanaan Pembangunan dan Pemerataan Pendapatan. Inti Indayu Nasional. Jakarta

Esterberg, 2002. Social Research. Boston, MA, Mcgrow. Jurnal Internasional Fhadoli Hermanto, 1995. Pembangunan Pertanian di Pedesaan. LP3S. Jakarta

Fuadi, M. (2018). Cara Pengawetan Ikan Mas (Cyprinus carpio L) Dengan Menggunakan Fermentasi Limbah Kubis (Brassica oleracea). Agrintech: Jurnal Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats