Analisa Drainase Serta Pengaruhnya Terhadap Kerusakan Pada Aspal studi Kasus Saluran Drainase Pada Jalan Ampera Dibelakang Kampus UMSU

Syahid Muammar Alhakim Nasution

Abstract


Ketidakmampuan aluran drainase untuk menampung debit air maksimum yang masuk menjadi salah satu penyebab kerusakan pada perkerasan jalan pada jalan Ampera. Hal ini perlu ditinjau, dikarenakan ketidakmampuan-nya menampung debit air serta tidak adanya street inlet menyebabkan air tergenang di permukaan jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kemampuan saluran dalam menerima debit yang masuk, serta mengetahui pengaruh genangan air terhadap perkerasan aspal pada jalan Ampera. Sehingga dapat diketahui kemampuan drainase dan kerusakan jalan yang terjadi. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode rasional. Metode Rasional merupakan pemodelan hidrologi sederhana yang sering digunakan untuk mengestimasi debit puncak. Dan upaya yang dilakukan untuk mengidentifikasi kesehatan suatu daerah aliran adalah monitoring kejadian banjir melalui informasi debit puncak. Informasi tersebut dapat diperoleh melalui pembacaan tinggi muka air pada waktu tertentu. Penelitian ini dilakukan di ruas jalan Ampera dibelakang kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Dengan menggunakan distribusi Gumbell Kemudian didapat bahwa hasil Qp < Qmaks pada saluran, dengan nilai Qp = 0.044 m 3 /det dan Qmaks = 0,059 m3 /det. Dengan hasil tersebut menunjukkan debit maksimum tidak dapat ditampung oleh drainase. Kerusakan jalan yang terjadi di jalan Ampera didapat nilai PCI = 88, yaitu excellent. Hal ini terjadi karena ternyata sudah dilakukannya peningkatan jalan disaat melakukan penelitian.


Keywords


drainase, debit air, kerusakan jalan.

Full Text:

PDF

References


Asfiati, S., & Mutiara, D. T. (2019). Studi Keselamatan Dan Keamanan Transportasi Di Perlintasan Sebidang Antara Jalan Rel Dengan Jalan Umum (Studi Kasus Perlintasan Kereta Api Di Jalan Padang, Bantan Timur, Kecamatan Medan Tembung). Progress In Civil Engineering Journal, 1(2).

Dewi, I., & Jefri, R. F. (2020). Pengaruh Geometrik Jalan Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas Ruas Jalan Soekarno-Hatta Binjai. PROGRESS IN CIVIL ENGINEERING JOURNAL, 2(1), 6-16.

Faisal, A., Majid, T. A., & Hatzigeorgiou, G. D. (2013). Investigation of story ductility demands of inelastic concrete frames subjected to repeated earthquakes. Soil dynamics and earthquake engineering, 44, 42-53.

Gultom, M. H., & Akbar, D. (2020). PENGARUH PENAMBAHAN ETHYLENE VINYL ACETATE PADA ASPAL PENETRASI 60/70 TERHADAP KARAKTERISTIK CAMPURAN LASTON AC-BC. PROGRESS IN CIVIL ENGINEERING JOURNAL, 2(1), 23-32.

Kariuki, M., Dharmowijoyo, D. B. E., Tanjung, L. E., & Shalihati, S. F. (2020). The Integration of Time-Space Prism and Psychological Mechanism on The Use of Public Transport. The Asian Journal of Technology Management, 13(1), 35-46.

Pane, Y., & Pasca, D. S. (2021). Analisa Semen Portand Dan Abu Batu Sebagai Filler Dengan Marshall Dan Durabilitas Aspal Hotmix (AC–WC). SKYLANDSEA PROFESIONAL Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi, 1(2), 86-95.

Pasaribu, F. I., Evalina, N., Nasution, M. N. A., Nasution, E. S., & Amiruddin, A. (2022, July). PERANCANGAN SISTEM PENGAMANAN PADA JALAN TANJAKAN DAN TURUNAN YANG BERTIKUNGAN. In Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU (Vol. 5, No. 1, pp. 126-134).

Rimbawati, R., Siregar, Z., Asfiati, S., & Arfis, A. (2023). IMPLEMENTASI ARSITEKTUR AREA KANAL SEBAGAI TAMAN EDUKASI DAN RUANG PUBLIK MASYARAKAT DI KECAMATAN MEDAN JOHOR. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(8), 2787-2793.

Sipil)/Journal MESIL (Machine Electro Civil), 1(2), 63-73.

Siregar, Z., & Dewi, I. (2020). Analisis Ruas Jalan Lintas Sumatera Kota Tebing Tinggi Dan Kisaran Sebagai Titik Rawan Kecelakaan Lalu Lintas. Jurnal MESIL (Mesin Elektro Sipil)/Journal MESIL (Machine Electro Civil), 1(2), 63-73.

Waqar, A., Qureshi, A. H., Almujibah, H. R., Tanjung, L. E., & Utami, C. (2023). Evaluation of success factors of utilizing AI in digital transformation of health and safety management systems in modern construction projects. Ain Shams engineering journal, 14(11), 102551.

Zahid, M. Z. A. M., Majid, T. A., & Faisal, A. (2012). Effect of repeated near field earthquake to the high-rise Rc building. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 6(10), 129-138.

Zulkarnain, F., & Dewi, I. D. (2020). PKM Pembuatan Saluran Drainase Dusun Ii Jln Inpres Desa Tanjung Gusta Untuk Mengatasi Banjir. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 69-73.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jurnalilmiahmahasiswateknik@gmail.com


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats