Evaluasi Fasilitas U-Turn Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas Dengan Aplikasi Vissim (Studi Kasus: Ruas Jalan Kol. Yos Sudarso Di Depan Swalayan Maju Baersama Kota Medan)

Muhammad Nazli Irawan

Abstract


Transportasi mempunyai peranan penting dalam kehidupan masyarakat modern dimana teknologi berkembang semakin pesat, juga laju pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi sehingga mengakibatkan peningkatan kebutuhan masyarakat akan transportasi. U-Turn adalah salah satu cara pemecahan dalam manajemen lalu lintas jalan arteri kota. U-Turn menimbulkan permasalahan konflik tersendiri dalam bentuk hambatan terhadap arus lalu lintas searah dan juga arus lalu lintas yang berlawanan arah. Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh dari gerakan U-Turn terhadap kinerja arus lalu lintas di lokasi jalan Kol. Yos Sudarso Medan. Hasil data yang telah diperoleh di lapangan, kemudian dilanjutkan dengan mengolah data menggunakan aplikasi VISSIM. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata volume U-Turn lalu lintas adalah 708 kendaraan/jam. Dengan tingkat pelayanan jalan yang bernilai B waktu tempuh rata-rata kendaraan yang melakukan U-Turn 3,34 detik dengan panjang antrian pada saat melakukan U-Turn sebesar 24 meter.


Keywords


U-Turn, Vissim, Lalu lintas.

Full Text:

PDF

References


Chairina, E., Asfiati, S., & Panjaitan, S. (2020, March). Utilization of Clamshell as Filler and Addition of Sikafume on The Examination of High Quality Concrete. In Proceedings of the Third Workshop on Multidisciplinary and Its Applications, WMA-3 2019, 11-14 December 2019, Medan, Indonesia.

Efrida, R. (2010). Analisis Struktur dengan Metode Kekakuan yang Dimodifikasi Untuk Gedung Beton Bertulang Berlantai Banyak Pada Stadium Retak (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana).

Efrida, R. (2018). Pengaruh Setback Pada Bangunan Dengan Soft Story Terhadap Kinerja Struktur Akibat Beban Gempa. Educational.

Efrida, R., & Utami, C. (2019). Evaluasi Kinerja Dinding Pengisi Bata Merah Dengan Openings Pada Struktur Beton Bertulang Akibat Beban Gempa Kuat. Portal: Jurnal Teknik Sipil, 11(2), 24-29.

Fitra, J., Huang, W. C., & Purwana, Y. M. (2021, July). Landslide Analysis Subject to Geological Uncertainty Using Monte Carlo Simulation (A Study Case in Taiwan). In International Conference on Rehabilitation and Maintenance in Civil Engineering (pp. 437-447). Singapore: Springer Nature Singapore.

Rashidi, A., Majid, T. A., Fadzli, M. N., Faisal, A., & Noor, S. M. (2017, October). A Comprehensive Study on the Influence of Strength and Stiffness eccentricities to the On-plan Rotation of Asymmetric Structure. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1892, No. 1). AIP Publishing.

Tanjung, I., Affandi, A., Huzni, S., & Fonna, S. (2020). Investigasi pengaruh jumlah elemen anoda terhadap distribusi potensial korosi pada beton bertulang menggunakan BEM 3D. Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur dan Energi, 3(1), 57-64.

Zulkarnain, F., Dewi, I., & Hasibuan, F. I. (2021). Comparison of Compressive Strength and Wood Powder Absorption and Coffee Grade Aggregate With Uniform Grade. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5043-5052.

Tanjung, I., Affandi, Huzni, S., & Fonna, S. (2021). Investigation the Effect of Concrete Element Size on the Potential Distribution of RC Cathodic Protection Simulation Using BEM 3D. In Proceedings of the 2nd International Conference on Experimental and Computational Mechanics in Engineering: ICECME 2020, Banda Aceh, October 13–14 (pp. 189-198). Springer Singapore.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jurnalilmiahmahasiswateknik@gmail.com


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats