Strategi Marketing Humas Micro CafTanjung Balai Dalam Mempertahankan Citra & Pelanggan Dari Pesaing

Anisha Maulida

Abstract


Marketing adalah suatu kegiatan yang direncanakan dan dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan keinginan suatu kelompok organisasi kepada masyarakat yang berdampak baik dan meningkatkan rasa kepercayaan masyarakat yang ditarget. Tujuan ini menghasilkan keuntungan dari kedua belah pihak, para kelompok organisasi akan mendapatkan keuntungan secara materi dan citra, kemudian masyarakat mendapatkan kepuasan yang diinginkan terwujud. Hal ini disadari oleh perusahaan Micro Cafyang membutuhkan kinerja humas untuk mencapai tujuan bersama. Permasalahan dalam penelitian ini adalah strategi marketing humas Micro CafTanjung Balai dalam mempertahankan citra dan pelanggan dari pesaing. Maka dari itu terbentuklah startegi marketing yang dilakukan humas Micro CafTanjung Balai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu; teori Marketing Public Relation. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Strategi yang dilakukan Micro Cafadalah Pull Strategy dengan pemanfaatan sosial media sebagai media pemasaran atau disebut sosial media marketing dalam mempromosikan dan membangun citra Micro Caf Push Strategy dilakukan dengan mengadakan event seperti live music. Dan Pass Strategy melalui word of mouth marketing dengan merekomendasikan dan berbagi pengalaman dari konsumen ke calon konsumen atas ketertarikannya terhadap Micro Caf dalam penerapan Marketing Public Relation. Keunggulan humas Micro CafTanjung Balai karena memiliki humas, biasanya cafsangat jarang memiliki humas, dalam mempertahan kan citra dan pelanggan, serta menumbuhkan rasa kepercayaan, kepuasan, dan simpati masyarakat, kualitas yang matang dan citra yang stabil.

Kata kunci : Strategi Marketing Humas Caf Marketing Public Relation, Kehumasan, Citra dan Palenggan, Pesaing, Micro CafTanjung Balai.

Full Text:

PDF

References


Buku

Simandjuntak, John. 2017.Public Relation : Dilengkapi 7 Kasus dan Alamat-alamat Situs Web Penting Bagi Public Relation. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jurnal

Amalia, F. R. (2018). Strategi Komunikasi Pembangunan Dalam Pemanfaatan Dana Alokasi Nagari (Di Nagari Limo Kaum Sumatera Barat) (Doctoral dissertation).

Amri, Z., & Harahap, T. H. (2018). PELABELAN GRACEFUL, SKOLEM GRACEFUL DAN PELABELAN RHO TOPI PADA GRAF 8 BINTANG. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Aulia, R., Ginting, R., & Khairani, L. (2020). Model Komunikasi Antarbudaya dalam mewujudkan Nilai-nilai Multikulturalisme melalui Kearifan Lokal Marjambar di Kelurahan Bunga Bondar Sipirok. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 1(2), 197-212.

Dalimunthe, M. (2017). Efektivitas Komunikasi Pemasaran Bank Muamalat Cabang Gajah Mada Medan Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah (Doctoral dissertation).

Diningsih, I. P. (2021). PENGARUH PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA, BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN YANG DIMEDIASI OLEH STRESS KERJA PADA MITRA PENGGUNA JASA LAYANAN BALAI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA MEDAN (Doctoral dissertation).

Faustyna, F., & Jumani, J. (2017). Pengaruh Pengembangan Karir Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pelabuhan Indonesia I (PERSERO) Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 15(1).

Fudzah, N., Bahri, S., & Khairani, L. (2020). PENGARUH KOMUNIKASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABLE INTERVENING PADA PT. POS INDONESIA KANTOR REGIONAL I MEDAN. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 1(3), 173-183.

Handayani, A. (2018). Pola Komunikasi Marketing Hotel Untuk Meningkatkan Occupancy Di Garuda Plaza Hotel Medan (Doctoral dissertation).

Hidayat, F. P. (2020). Aktualisasi Diri Mahasiswa di Dalam Media Sosial Instagram.

Khairani, L. (2020). [BUKU] Sejarah Politik dan Kekuasaan. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Koto, M. A. (2018). Dampak Penggunaan Situs Www. Infofotografi. Com Sebagai Media Pembelajaran Fotografi Bagi Mahasiswa Jurnalistik Stik-P (Doctoral dissertation).

Nasution, N. (2020). Penerapan Model Sosialisasi Spiritual Quotion Terhadap Motivasi Usaha Bisnis Makanan Halal Produksi Rumah Tangga..

Pulungan, D. R., Khairani, L., Arda, M., Koto, M., & Kurnia, E. (2019, October). Memotivasi Anak Usia Dini Menabung Demi Masa Depan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 296-301).

Putra, N., & Lubis, F. H. (2019). Diskursus Politik Islam dan Kebijakan Ideologis Media Massa di Sumatera Utara. Persepsi: Communication Journal, 2(2), 1-10.

Putra, N. (2019). Media Massa dan Politik Islam Pasca Reformasi 1998 (Studi Historis Komparatif dan Ekonomi Politik di Sumatera Utara). Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 1-18.

Putra, I. (2019). Pengaruh Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Non Performing Loan (NPL) Dan Debt To Equity Ratio (DER) Terhadap Return On Assets (ROA) Pada PT Bank Sumut (Doctoral

Putri, N. A. (2019). Bullying Dalam Pendidikan (Analisis Semiotika Film Sajen Karya Haqi Ahmad) (Doctoral dissertation).

PRATIWI, D. Pola Komunikasi Pedagang Etnis Tionghoa dengan Pembeli Pribumi di Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat.

Ramadhani, F., Ramadhani, U., & Basit, L. (2020). Combination of Hybrid Cryptography In One Time Pad (OTP) Algorithm And Keyed-Hash Message Authentication Code (HMAC) In Securing The Whatsapp Communication Application. Journal of Computer Science, Information Technology and Telecommunication Engineering, 1(1), 31-36.

Riwando, A. (2021). Aktivitas Bakti Sosial Komunitas Motor Crown Maxx Dalam Menghapus Citra Negatif Pada Masyarakat (Doctoral dissertation, UMSU).

Sari, P. P., & Basit, L. (2018). Komunikasi Organisasi Kepala Desa Dalam Membangun Kesadaran Masyarakat Desa Terhadap Pembangunan Desa. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 47-60.

Saleh, A., & Basit, L. (2018). PENGEMBANGAN MODEL CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN TAMBANG EMAS AGINCOURT RESOURCES DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN TAPANULI SELATAN SUMATERA UTARA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Santoso, P. (2021). [Artikel HaKI] _Konstruksi Realitas Pemberitaan Media. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Santoso, P. (2021). [Sertifikat HaKI] _Opini Wartawan Terhadap Kebebasan Pers_Studi Kasus Aliansi Jurnalis Independen dan Persatuan Wartawan Indonesia. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Sinaga, C. N. A. (2017). Strategi Komunikasi Radio Komunitas Usukom FM dalam Mempertahankan Eksistensinya. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 1-16.

Sinaga, C. N. A. (2019). Peningkatan Pengetahuan Jurnalistik Siswa SMA Kota Medan Melalui Pemanfaatan Smartphone. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 169-179.

Sinaga, C. N. A. (2014). Penggunaan Dan Kepuasan Pendengar Terhadap Muzik Dangdut Di Radio: Satu Kajian Survey Pada Masyarakat Pendengar Di Pinggir Dan Bandar Medan.

Thariq, M., & Anshori, A. (2017). Komunikasi adaptasi mahasiswa indekos. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 156-173.

Thariq, M. (2020). Pola Komunikasi Adaptasi Mahasiswa Asal Malaysia (Studi Pada Program Student Exchange Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia).

Tanjung, R. S. (2019). Motivasi dan Perilaku Penggemar Musik Korean Pop di Medan (Doctoral dissertation).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL]




Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats View My Stats