Transformasi Digital Terhadap Kelangsungan Profesi Public Relations Di Era Disrupsi

Arguanda Pribadi

Abstract


Transformasi digital merupakan sebuah perubahan cara penanganan pekerjaan dengan menggunakan teknologi informasi untuk mendapatkan efisiensi dan efektivitas. Sejak bulan April tahun 2011 pemerintah telah menggaungkan Indonesia 4.0, lewat kementrian perindustrian telah membuat making Indonesia 4.0 sebagai sebuah Roadmap (peta jalan) yang telah terintegrasi sebagai implementasi sejumlah strategi dalam memasuki era industri 4.0. Profesi public relations menjadi sasaran bagi era disrupsi teknologi 4.0 yang mampu menghasilkan big data, analytic data, artificial intelligence, internet of things(IoT) yang mendokrak kualitas dan efektivitas berbagai fungsi public relations secara eksponensial. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk melakukan wawancara mendalam kepada responden yang sudah ditentukan. Jenis penelitiannya menggunakan penelitian lapangan yaitu penelitian yang berangkat kelapangan untuk mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan ilmiah. Data diperoleh dari dua orang narasumber diantaranya satu orang pekerja Pertamina MOR I Medan dan satu orang Ketua BPC Perhumas Medan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data yang merupakan proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penyederhanaan, dan transformasi data yang muncul dari catatan tertulis dan lokasi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh melalui wawancara kepada narasumber peluang kinerja manusia dalam profesi public relations masih memiliki masa depan yang baik dan menggembirakan diera disupsi karena era ini akan menjadi rival para pekerja praktisi public relations agar lebih maju. Sebab artificial intelligence (AI) dapat mendukung dan memudahkan praktisi public relations dalam menajalankan tugasnya.


Full Text:

PDF

References


BUKU

Cutlip dkk. 2009. Efektifitas Public Relation, Jakarta: Prenada Media Grub

Cangara, Havied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung:PT. Citra Aditya Bakti

Nuruddin. 2017. Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer, Jakarta: PT Raja Grafindo

Antoniades, Anthony C.1990. Poetics of Architecture, Van Nostrand Reinhold,

Newyork.

Kusumadewi, S. (2003). Artificial Intelligence: Teknik dan Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Danukusumo, K. (2017). Implementasi Deep Learning Menggunakan Convolutional Neutal Network untuk Klasifikasi Citra Candi Berbasis GPU. Tugas Akhir

Mohri, et al. (2012). Foundations of Mechine Learning. Cambridge: MIT Press.

Starkey, L., & Eppel, E. (2017). Digital Data in New Zealand Schools: Policy Reform and School Leadership. Educational Management Administration & Leadership, 1-19.

Zins, C. (2007). Conceptual Approaches for Defining Data, Information, and Knowledge. Journal of the American Society for Information Science and Technology, 479-493.

Ammu, N., & Irfanuddin, M. (2013). Big Data Challanges. International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, 613-615.

Danandjana, 2011. peranan Humas dalam perusahaan,Yogyakarta: Graha Ilmu

Dr.N.Nuerlaela Arie,MBA. 2019. Public Relations In The Era Of Artificial Intelligence Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Morrisan. 2010. Manajemen Public Relations : Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta : Prenada Media Grup.

Nurudin. 2014. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : Pt Raja Grafindo Persada.

Nuruddin. 2017. Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer, Jakarta: PT Raja Grafindo

Sugiyono. 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alafabeta

Ardianto, 2014. Metodelogi Penelitian Untuk Public Relatian Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung: simbiosa pertama media Suwatno. 2018. Pengantar Public Relation. Bandung : Pt Remaja Rosdakarya.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology. (Online). http://eprints.uwe.ac.uk. Di akses pada tanggal 2 Mei 2015

Moleong.2017. Metodelogi penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remeja Rosdakarya

Ruslan,Rosady, 2016. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi : Jakarta : Rajawali Pers.

JURNAL

Adhani, A., & Priadi, R. (2017). PERSEPSI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS TERHADAP SOSIALISASI PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KOTA MEDAN. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 194-205.

Amri, Z., & Harahap, T. H. (2018). PELABELAN GRACEFUL, SKOLEM GRACEFUL DAN PELABELAN RHO TOPI PADA GRAF 8 BINTANG. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Amelia, S. (2021). EFEKTIVITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PENERTIBAN PEMBANGUNAN DI KOTA MEDAN (Doctoral dissertation, UMSU).

Amrizal, D. (2018). PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI MANAJEMEN MUTU INTERNAL PADA SIKLUS MUTU DI UNIVERSITAS SUMATERA UTARA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Dalimunthe, M. (2017). Efektivitas Komunikasi Pemasaran Bank Muamalat Cabang Gajah Mada Medan Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah (Doctoral dissertation).

Handayani, A. (2018). Pola Komunikasi Marketing Hotel Untuk Meningkatkan Occupancy Di Garuda Plaza Hotel Medan (Doctoral dissertation).

Hidayat, F. P. (2020). Aktualisasi Diri Mahasiswa di Dalam Media Sosial Instagram.

Hidayat, F. P. (2020). Aktualisasi Diri Mahasiswa di Dalam Media Sosial Instagram.

https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jtik/article/viewFile/1458/pdf (diakses pada tanggal 23 maret 2020 pukul 17.00 WIB)

http://journal.umpo.ac.id/index.php/aristo/article/download/ASAABDH/1460 (diakses pada tanggal 25 maret 2020 pukul 23.00 WIB)

http://ojs.uninus.ac.id/index.php/MediaNusantara/article/view/630 (diakses pada tanggal 1 april 2020 pukul 13.30 WIB)

https://media.neliti.com/media/publications/223789-the-influence-of-digital- technology-agai.pdf (diakses pada tanggal 3 april 2020)

Koto, M. A. (2018). Dampak Penggunaan Situs Www. Infofotografi. Com Sebagai Media Pembelajaran Fotografi Bagi Mahasiswa Jurnalistik Stik-P (Doctoral dissertation).

Lubis, H. (2018). Efektivitas Sosialiasai Pemilu dalam Rangka Meningkatkan Partisipasi Pemilih di KPUD Kabupaten Langkat.

Munthe, N. B. (2020). Opini siswa tentang rencana penghapusan ujian nasional pada tahun 2021 (Studi Kasus Pada SMA Negeri 2 Medan). Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Nasution, N. (2020). Penerapan Model Sosialisasi Spiritual Quotion Terhadap Motivasi Usaha Bisnis Makanan Halal Produksi Rumah Tangga..

Nasution, N. (2018). Strategi Manajemen Penyiaran Radio Swasta Kiss Fm Dalam Menghadapi Persaingan Informasi Digital. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 167-178.

PRATIWI, D. Pola Komunikasi Pedagang Etnis Tionghoa dengan Pembeli Pribumi di Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat.

Putra, N. (2019). Media Massa dan Politik Islam Pasca Reformasi 1998 (Studi Historis Komparatif dan Ekonomi Politik di Sumatera Utara). Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 1-18.

Putri, N. A. (2019). Bullying Dalam Pendidikan (Analisis Semiotika Film Sajen Karya Haqi Ahmad) (Doctoral dissertation).

Ramadhani, F., Ramadhani, U., & Basit, L. (2020). Combination of Hybrid Cryptography In One Time Pad (OTP) Algorithm And Keyed-Hash Message Authentication Code (HMAC) In Securing The Whatsapp Communication Application. Journal of Computer Science, Information Technology and Telecommunication Engineering, 1(1), 31-36.

Riwando, A. (2021). Aktivitas Bakti Sosial Komunitas Motor Crown Maxx Dalam Menghapus Citra Negatif Pada Masyarakat (Doctoral dissertation, UMSU).

Saleh, A., & Basit, L. (2018). PENGEMBANGAN MODEL CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN TAMBANG EMAS AGINCOURT RESOURCES DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN TAPANULI SELATAN SUMATERA UTARA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Sari, P. P., & Basit, L. (2018). Komunikasi Organisasi Kepala Desa Dalam Membangun Kesadaran Masyarakat Desa Terhadap Pembangunan Desa. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 47-60.

Sinaga, C. N. A. (2014). Penggunaan Dan Kepuasan Pendengar Terhadap Muzik Dangdut Di Radio: Satu Kajian Survey Pada Masyarakat Pendengar Di Pinggir Dan Bandar Medan.

Sinaga, C. N. A. (2019). Peningkatan Pengetahuan Jurnalistik Siswa SMA Kota Medan Melalui Pemanfaatan Smartphone. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 169-179.

Sinaga, C. N. A. (2017). Strategi Komunikasi Radio Komunitas Usukom FM dalam Mempertahankan Eksistensinya. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 1-16.

Tanjung, R. S. (2019). Motivasi dan Perilaku Penggemar Musik Korean Pop di Medan (Doctoral dissertation).

Thariq, M., & Anshori, A. (2017). Komunikasi adaptasi mahasiswa indekos. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 156-173.

Thariq, M. (2020). Pola Komunikasi Adaptasi Mahasiswa Asal Malaysia (Studi Pada Program Student Exchange Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia).

Ulfa, K. (2018). Pemanfaatan Media Online Youtube Oleh Beauty Vlogger Dalam Mendesiminasi Informasi Kecantikan (Doctoral dissertation).

SKRIPSI

Oktaviani Ningsi. (2019). Hard Skill Praktisi Humas PT.RIAU Andalan PULP & PAPER (RAPP) Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. http://repository.uin- suska.ac.id/25238/2/SKRIPSI%20GABUNGAN.pdf

INTERNET

https://www.kominfo.go.id/content/detail/12878/era-digital-humas-harus-ambil-peran-strategis/0/berita_satker Diakses pada tanggal 22 Juli 2020 pukul 20.00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL]




Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats View My Stats