Peran Komunikasi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Dalam Menyikapi Tuntutan Masyarakat
Abstract
Biro Humas dan Keprotokolan adalah seorang Humas harus mampu memberikan Informasi, mendidik, meraih simpati dan membangitkan ketetarikan masyarakat akan sesuatu untuk membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi. Humas juga dapat diartikan sebagai jembatan untuk membangun suasana yang kondusif dalam menciptakan solusi antar berbagai komunikasi, baik internal maupun eksternal dalam rangka membangun citra dari institusi atau Pemerintah. Humas juga berperan dalam membina hubugan yang harmonis dengan masyarakat dan membina martabat instansi dalam pandangan masyarakat, guna memperoleh pengertian, kepercayaan dan dukungan dari masyarakat. Kinaerja Humas Pemerintah biasanya membantu dalam menjalankan suatu program Pemerintah untuk mencapai tujuan tertentu yang ditargetkan pemerintah. Humas berperan dalam memberikan Informasi kebijakan Pemerintah, memberiktan sanggahan mengenai suatu pemberitaan yang dapat merugikan pemerintah dan menginformasikan berbagai kebijakan Pemerintah kepada masyarakat. Tujuan penelian ini untuk mengertahui Peran Humas Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam menyikapi tuntutan masyarakat melalui Web dan media sosial yang dimiliki oleh Humas. Metode yang digunakan oleh penulis menggunakan metode dekriftif kualitatif, untuk Informan yang dibutuhkan penulis sejumlah empat orang untuk menjadi yang dibutuhkan penulis, teknik pengumpulan data yang digunakan ada beberapa yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi yang digunakan oleh penulis. Hasil yang ditemukan pada penelitian ini adalah bahwa Humas selalu merespon tuntutan masyarakat melalui media dengan melakukan kinerja Humas dalam bentuk memberikan jawaban atau tuntutan masyarakat dimedia sosial Pemprov secara cepat yaitu satu hari setelah masyarakat menyampaikan keluhan atau tuntutan dimedia sosial Pemprov. Disamping itu Humas juga memfollowup tuntutan masyarakat tersebut dengan menyampaikannya kepada pimpinan
Full Text:
PDFReferences
BUKU
Cutlip, M.S. (2006). Effective Public Relations, Jakarta: Kencana.
Elvinaro. (2007). Komunikassi Massa: Suatu pengantar, Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa
Iriantara. (2007). Community Relations Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Pt Remaja Rosdakaryaa.
Moleong, Lexy. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Morrisan. (2010). Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta : Prenada Media Grup.
Nurudin. (2014). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Raudhonah. (2019). Ilmu Komunikasi. Depok : Raja Grafindo Persada.
Ruslan. 2016. Manejemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
(2010). Manejemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Sambo. (2019). Media Relations Kontempoler.Jakarta: Prenada Media Grup.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif Bandung: Alfabeta.
(2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Suwatno. (2018). Pengantar Public Relation. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Syarifuddin, Suryanto. (2019). Public Relations. Yogyakarta: Cv Andi Offset.
Widjaja. 2008. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.
JURNAL
Anshori, A., & Adhani, A. (2019). Pengaruh Budaya dalam Pesan Politik Terhadap Perilaku Pemilih Kota Medan Pada Pemilu Tahun 2019.
Adhani, A., & Priadi, R. (2017). PERSEPSI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS TERHADAP SOSIALISASI PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KOTA MEDAN. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 194-205.
Amini, N. R., Naimi, N., & Lubis, S. A. S. (2019). Implementasi Kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam Meningkatkan Sikap Religiusitas Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 359-372.
Ardiyanti, Handrini. 2011. Konsep DanRegulasi Tv Lokal
Dalam Kerangka Penguatan Budaya Lokal. https://Jurnal.Dpr.Go.Id/Index.Php/Politica/Article/View/297 (diakses pada 17 januari 2020, 14:02 WIB)
Daulay, M. R. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Mutasi Pegawai Dalam Rangka Pengembangan Karir Pegawai Negeri Sipil (PNS) Di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Mandailing Natal (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara).
Faustyna, F., & Jumani, J. (2017). Pengaruh Pengembangan Karir Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pelabuhan Indonesia I (PERSERO) Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 15(1).
Fudzah, N., Bahri, S., & Khairani, L. (2020). pengaruh komunikasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai dengan motivasi sebagai variable intervening pada pt. pos indonesia kantor regional i medan. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 1(3), 173-183.
Handayani, A. (2018). Pola Komunikasi Marketing Hotel Untuk Meningkatkan Occupancy Di Garuda Plaza Hotel Medan (Doctoral dissertation).
Hardiyanto, S., Lubis, F. H., & Hidayat, F. P. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Acara Islam Itu Indah Di Trans Tv (Studi Deskriptif Ibu-Ibu Perwiritan Lorong Pipa Kelurahan Sari Rejo Kecamatan Medan Polonia).
Hardiyanto, S., & Romadhona, E. S. (2018). Remaja dan Perilaku Menyimpang. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 23-32.
Hardiyanto, S., & Pulungan, D. (2019). Komunikasi Efektif Sebagai Upaya Penanggulangan Bencana Alam di Kota Padangsidimpuan. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 30-39.
Hartanto, D. (2020). ANALISIS DAMPAK & ANTISIPASI PENYEBARAN EPIDEMIK (PERSPEKTIF SYSTEM THINKING). Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.
Lestari, A. G. (2019). Pola Komunikasi Kepala Desa Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Alokasi Dana Desa (Kabupaten Simalungun) (Doctoral dissertation).
Lubis, H. (2018). Efektivitas Sosialiasai Pemilu dalam Rangka Meningkatkan Partisipasi Pemilih di KPUD Kabupaten Langkat.
Marpaung, P. Y. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Pasien Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Dr. Pirngadi Medan (Doctoral dissertation).
Munthe, N. B. (2020). Opini siswa tentang rencana penghapusan ujian nasional pada tahun 2021 (Studi Kasus Pada SMA Negeri 2 Medan). Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Nasution, N. (2020). Penerapan Model Sosialisasi Spiritual Quotion Terhadap Motivasi Usaha Bisnis Makanan Halal Produksi Rumah Tangga.
Novandhika, Y.P. (2013). Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) sebagai Penambah Modal Budaya bagi Siswa SMA Kelas XII Studi Kasus pada LBB Quantum Xcellensia Surabaya, Vol.3, No.3, Hal.4.
Santoso, P. (2021). [Sertifikat HaKI] _Opini Wartawan Terhadap Kebebasan Pers_Studi Kasus Aliansi Jurnalis Independen dan Persatuan Wartawan Indonesia. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN
Sinaga, C. N. A. (2019). Peningkatan Pengetahuan Jurnalistik Siswa SMA Kota Medan Melalui Pemanfaatan Smartphone. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 169-179.
Wulandari, Linda Ayu. 2018. Strategi Retorika Verbal dan Nonverbal Karni Ilyas dalam Acara Indonesia Lawyers Club. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Jawa Timur Vol. 2, No.2
INTERNET
www.humas.sumutprov.go.id (Diakses pada tanggal 23 Febuari 2020)
www.sumutpemprovsu.go.id (Diakses pada tanggal 23 Febuari 2020)
https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/7-peran-humas-dalam-organisasi-yang-perlu-diketahui-61 (Diakses pada tanggal 23 Febuari 2020)
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Peranan (Diakses pada tanggal 23 Febuari 2020)
https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-media.html (Diakses pada tanggal 23 Febuari 2020)
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Masyarakat (Diakses pada tanggal 23 Febuari 2020)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL]
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Universitas Muhammadiyah Sumatera UtaraKampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats View My Stats