Kesiagaan Pemko Medan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Prilia Rizki

Abstract


Revolusi industri merupakan perubahan cara hidup dan proses kerja manusia secara fundamental, dimana dengan kemajuan teknologi informasi dapat mengintegrasikan dalam dunia kehidupan dengan digital yang dapat memberikan dampak bagi seluruh disiplin ilmu. Dengan perkembangan teknologi informasi yang berkembang secara pesat mengalami terobosan diantaranya dibidang artificiall intellegent, dimana teknologi komputer suatu disiplin ilmu yang mengadopsi keahlian seseorang ke dalam suatu aplikasi yang berbasis teknologi dan melahirkan teknologi informasi dan proses produksi yang dikendalikan secara otomatis. Bidang Ekonomi pada revolusi 4.0 saat ini sedang pada perubahan besar pada kemajuan teknologi otomatisasi hampir disemua bidang. Diantara yang sedang dihadapi pada saat ini, tantangan teknologi yang menggabungkan dunia fisik digital dengan cara yang fundamental mengubah umat manusia, sejauh mana transformasi ini akan berdampak positif. Tranformasi yang memberikan dampak potif, dimana peran dunia usaha dan organisasi social dinilai sangat strategis dalam memperkuat kemandirian ekonomi bangsa, sehingga pertumbuhan ekonomi mendorong pertumbuhan lebih kuat untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 5%. Meningkatnya kemandirian ekonomi mendorong dapat memperkuat orientasi kewirausahaan guna pertumbuhan lebih baik sehingga dapat mencapai tingkat kesejahteraan masyarakat scara merata. Penelitian ini bertujuan yaitu unutuk mengetahui Kesiapan Pemko Medan Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode diantaranya studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dengan adanya era digital yang semakin canggih ini membuat para anak muda lebih kreatif dan Pemko Medan akan siap memfasilitasi dan mendukung kegiatan industri yang ada di Kota Medan, dengan adanya industri 4.0 ini pun Pemko Medan Dinas Industri sering mengadakan dengan adanya pelatihan pelatihan kepada pelaku IKM (Ikatan Kecil Menengah) sehingga membuat wawasan baru dan lebih luas, dilakukannya tentang bagaimana promosi barang agar menjadi lebih di kenal luas.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Buku

Arikunto, Suharsimi. (2001). Dasar dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Baran, Stanley J. (2012). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : Erlangga.

Budyatna, Muhammad dan Ganiem Leila Mona. (2011). Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana

Cangara, Hafied. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo

Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta

Davis, Keth dan Newstorm John W. (2003). Human Behaviour at Work: Organizational Behaviour: Terjemahan Agus Dharma. (2003). Perilaku dalam Organisasi. Edisi ketujuh. Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Effendi, Uchjana Onong (2004). Dinamika Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta : Gaung Persada Pers

Moleong, Lexy J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Mulyana, Deddy. (2015). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Pace, R Wayne dan Faules F Don (2005). Komunikasi Organisasi, Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Editor Dedy Mulyana PT Remaja Rosdakarya: Bandung

Romli, Khomsahrial. (2011). Komunikasi Organisasi Lengkap. Jakarta : Grasindo

Saefullah, Ujang. (2007). Kapita Selekta Komunikasi Pendekatan Budaya Dan Agama. Bandung: Simbiosa

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto. Eko Harry. (2010). Komunikasi Manusia Teori Dan Praktek Dalam Penyampaian Gagasan. Bogor: Mitra Wacana Media

Vardiansyah, Dani. (2008). Filsafat Ilmu Komunikasi. Jakarta: Indeks

Wood, Julia T. (2013). Komunikasi Teori dan Praktik (Komunikasi dalam Kehidupan Kita). Edisi keenam Jakarta: Salemba Humanika

Jurnal

Amelia, S. (2021). EFEKTIVITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PENERTIBAN PEMBANGUNAN DI KOTA MEDAN (Doctoral dissertation, UMSU).

Amri, Z., & Harahap, T. H. (2018). PELABELAN GRACEFUL, SKOLEM GRACEFUL DAN PELABELAN RHO TOPI PADA GRAF 8 BINTANG. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Amrizal, D. (2018). PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI MANAJEMEN MUTU INTERNAL PADA SIKLUS MUTU DI UNIVERSITAS SUMATERA UTARA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Dalimunthe, M. (2017). Efektivitas Komunikasi Pemasaran Bank Muamalat Cabang Gajah Mada Medan Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah (Doctoral dissertation).

Handayani, A. (2018). Pola Komunikasi Marketing Hotel Untuk Meningkatkan Occupancy Di Garuda Plaza Hotel Medan (Doctoral dissertation).

HENDRA, Y., Rudianto, R., & Priadi, R. (2018). ANALISIS MODEL KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM KOMUNIKASI MITIGASI BENCANA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Hidayat, F. P. (2020). Aktualisasi Diri Mahasiswa di Dalam Media Sosial Instagram.

Koto, M. A. (2018). Dampak Penggunaan Situs Www. Infofotografi.

Lubis, H. (2018). Efektivitas Sosialiasai Pemilu dalam Rangka Meningkatkan Partisipasi Pemilih di KPUD Kabupaten Langkat.

MEDAN, P. D. K. K. EFEKTIVITAS SOSIALISASI PILKADA DALAM RANGKA MENINGKATKAN PARTISIPASI.

Nasution, N. (2020). Penerapan Model Sosialisasi Spiritual Quotion Terhadap Motivasi Usaha Bisnis Makanan Halal Produksi Rumah Tangga..

Prasetyo, H dan Sutopo W (2018). Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset./@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 13(1),17-26. https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26

Putri, N. A. (2019). Bullying Dalam Pendidikan (Analisis Semiotika Film Sajen Karya Haqi Ahmad) (Doctoral dissertation).

Riwando, A. (2021). Aktivitas Bakti Sosial Komunitas Motor Crown Maxx Dalam Menghapus Citra Negatif Pada Masyarakat (Doctoral dissertation, UMSU).

Ramadhani, F., Ramadhani, U., & Basit, L. (2020). Combination of Hybrid Cryptography In One Time Pad (OTP) Algorithm And Keyed-Hash Message Authentication Code (HMAC) In Securing The Whatsapp Communication Application. Journal of Computer Science, Information Technology and Telecommunication Engineering, 1(1), 31-36.

Sari, P. P., & Basit, L. (2018). Komunikasi Organisasi Kepala Desa Dalam Membangun Kesadaran Masyarakat Desa Terhadap Pembangunan Desa. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 47-60.

Saleh, A., & Basit, L. (2018). PENGEMBANGAN MODEL CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN TAMBANG EMAS AGINCOURT RESOURCES DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN TAPANULI SELATAN SUMATERA UTARA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Sinaga, C. N. A. (2014). Penggunaan Dan Kepuasan Pendengar Terhadap Muzik Dangdut Di Radio: Satu Kajian Survey Pada Masyarakat Pendengar Di Pinggir Dan Bandar Medan.

Sinaga, C. N. A. (2019). Peningkatan Pengetahuan Jurnalistik Siswa SMA Kota Medan Melalui Pemanfaatan Smartphone. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 169-179.

Sinaga, C. N. A. (2017). Strategi Komunikasi Radio Komunitas Usukom FM dalam Mempertahankan Eksistensinya. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 1-16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL]




Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats View My Stats