Kegiatan Biro Humas Dan Protokoler Di Kabupaten Gayo Lues

Marhaban M

Abstract


Pada Era ini Biro Humas dan Protokol dianggap sebagai suatu kebutuhan yang mesti ada dalam sebuah lembaga maupun organisasi guna membangun hubungan dengan masyarakat dan para pemangku kepentingan (Stakeholder). Posisi humas merupakan posisi yang sangat sentral dalam sebuah organisasi maupun perusahaan. Humas memegang peranan penting dalam menumbuhkan ikatan emosional yang baik antara atasan dengan bawahan, humas juga berperan dalam usahanya untuk menanamkan saling kepercayaan dan loyalitas antara organisasi dengan publiknya. Oleh karena itu, seorang humas perlu mengetahui tugas, tantangan, dan kendala yang dihadapi saat menjalani profesi tersebut. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana aktivitas biro humas Dan Protokoler Kabupaten Gayo Lues. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode analitis. Penelitian ini menggunakan teknik analisa data kualitatif yang merupakan pengukuran dengan menggunakan data nominal yang menyangkut klasifikasi atau kategori sejumlah variabel ke dalam beberapa sub kelas nominal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa biro humas dan protokoler kabupaten Gayo Lues sudah melakukan kegiatan pekerjaan mereka sesuai dengan prosedur uyang ditetapkan. Biro kehumasan juga menyadari pentingnya pemanfaatan teknologi komunikasi untuk membantu menyelesaikan pekerjaaan merea. Biro humas dan protokoler juga menjalin hubugan baik dengan media (wartawan) karena keberadaan humas dan media (wartawan) bersifat mitra dan kerjasamanya simbiosis mutualisme.


Full Text:

PDF

References


ANJANI, R. W. FUNGSI PENGAWASAN MAJELIS ADAT ACEH DALAM PELAKSANAAN PEMBINAAN ADAT ISTIADAT (ADAT PERKAWINAN) DI ACEH TAMIANG.

Bogdan, Robert dan steven J. Taylor (2010), Pengantar Metode Penelitian Sosial,Usaha Nasional Surabaya

Cangara, Hafied, (2013), Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada,

E Combs , James Dan Nimmo, (2014), Propaganda Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Effendy, Onong Uchjana, (2016), Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Remaja Rosdakarya, Bandung

F. Rachmadi, (2012), Public Relation (Dalam Teori Dan Praktik), Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Hidayat, F. P. (2020). Aktualisasi Diri Mahasiswa di Dalam Media Sosial Instagram.

Jefkins, Frank, (2014), Public Relation Edisi ke-12 Jakarta : Erlangga,

Kasali, Rhenald. (2000). Manajemen Public Relations : Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Graffiti: Jakarta

LAWAS, S. K. P., & HASIBUAN, M. D. EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM RANGKA PENGENTASAN KEMISKINAN DI KELURAHAN SIBUHUAN KECAMATAN BARUMUN.

Lubis, H. M., & Saleh, A. (2020). Pekerja Anak Sebagai Buruh Batu Bata di Kelurahan Silandit Kota Padang Sidimpuan. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 1(1), 29-43

Moore, Frazier, H. (2015), Humas : Membangun Citra Dengan Komunikasi Bandung : PT Remaja Rosdakarya,

Nasution, N. (2018). Strategi Manajemen Penyiaran Radio Swasta Kiss Fm Dalam Menghadapi Persaingan Informasi Digital. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 167-178.

Nasution, N. (2020). Penerapan Model Sosialisasi Spiritual Quotion Terhadap Motivasi Usaha Bisnis Makanan Halal Produksi Rumah Tangga.

Nesia, Andin , (2014), Dasar-Dasar Humas, Yogyakarta : Graha Ilmu,

PRATIWI, D. Pola Komunikasi Pedagang Etnis Tionghoa dengan Pembeli Pribumi di Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat.

Priadi, R. (2020). [Turnitin] Family Communication Model in Forming Pious Children. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Putra, N. (2019). Media Massa dan Politik Islam Pasca Reformasi 1998 (Studi Historis Komparatif dan Ekonomi Politik di Sumatera Utara). Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 1-18.

Rizky, R. N., & Mavianti, M. (2019, October). Keripik Kelapa: Peluang Usaha Baru di Dusun 3 Tanjung Anom, Deli Serdang. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 311-318).

Rudy, May T. (2015), Komunikasi & Hubungan Masyarakat International, Bandung : PT Refika Aditama,

Ruslan, Rosady, (2015), Praktik dan Solusi dalam Situasi Krisis dan Pemulihan Citra, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Saleh, A., & Sihite, M. (2020). Strategi Komunikasi untuk Program Corporate Social Responsibility dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 98-105

Simanjuntak, S. L., & Nasution, N. (2017). Komunikasi Interpersonal Psikolog Terhadap Pemulihan Pasien Rumah Sakit Jiwa Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 118-128.

Tanjung, R. S. (2019). Motivasi dan Perilaku Penggemar Musik Korean Pop di Medan (Doctoral dissertation).

Thariq, M., & Anshori, A. (2017). Komunikasi adaptasi mahasiswa indekos. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 156-173.

Thariq, M. (2020). Pola Komunikasi Adaptasi Mahasiswa Asal Malaysia (Studi Pada Program Student Exchange Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia).

Yusri, M. (2020). Analysis Concept And Indicator Proverty in Medan City. Indonesian Journal of Education, Social Sciences and Research (IJESSR), 1(1), 51-58


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL]




Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats View My Stats