Peran Bidang Corporate Communication Dalam Mempertahankan Citra Pt Timah Tbk, Bangka Belitung
Abstract
Seiring dengan era globalisasi, semakin banyak perusahaan multinasional bermunculan dan bergerak di berbagai sektor. Agar memperoleh posisi yang lebih baik dari saingannya, suatu perusahaan harus mampu mempertahankan citra perusahaan. PT TIMAH Tbk berusaha untuk mempertahankan tempat serta kredibilitas sebgai perusahaan tambang timah terpercaya di masyarakat. Untuk mengkomunikasikan hal tersebut kepada khalayak, maka diperlukan suatu strategi agar pesan tersebut dapat diterima dengan baik. Begitu juga dalam meningkatkan eksistensi perusahaan diperlukan adanya pendekatan hubungan yang harmonis dengan pihak internal dan pihak eksternal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran bidang corporate communication dalam mempertahankan citra PT TIMAH Tbk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mana sumber data yaitu dengan wawancara kepada informan serta observasi pada saat pelaksanaan PMMB. Hasil penelitian bahwa peran yang dilakukan untuk mempertahankan eksistensi citranya melalui serangkaian kegiatan internal, kegiatan eksternal, komunikasi dua arah yang dijalankan, serta strategi edukatif-informatif yaitu dengan memberikan informasi kepada publik dengan fakta dan opini yang berada di pihak internal maupun eksternal.
Full Text:
PDFReferences
Annual Report Tahun (2018) PT TIMAH Tbk-Pangkalpinang.
Abdurrachman, Oemi. (1993). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Citra Aditya Bandung.
-------------------. (2008). Manajemen Humas & Manajemen Komunikasi:Konsep dan Aplikasi. Jakarta : Rajawali Pers.
Ardianto, Elvinaro dan Soemirat, Soleh. (2004). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arifin, Anwar. (2007). Public Relations. Pustaka Indonesia.
Dixon Dee Lynda, W. Friedrich Gustav, Ohair Dan. (2009). Strategic Communication in Bussines and the Professions. Terjemahan Tri Wibowo. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Effendy, Onong Uchana. (1998). Human Relations dan Public Relations. Bandung: Mandar Maju.
Foss, Karen A dan W. LittleJohn, Stephen. (2009). Theories of Human Communcation. Terjemahan oleh Muhammad Yusuf Hamdan. Jakarta: Salemba Humanika.
Greener, Tony. (2002). Kiat Sukses Public Relations Dan Pembentukan Citranya. Terjemahan oleh Nuraki Aziz. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Heiman, T. Suzette, L. Toth Elizabeth. (2010). Public Relations Profesi dan Praktik. Terjemahan oleh Afrianto Daud. Jakarta: Salemba Humanika.
Iriantara, Yosal. (2004). Community Relations Konsep dan Aplikasinya. Yogyakarta: Simbiosa Rekatama Media
Jefkins, Frank. (2003). Public Relations, Edisi Kelima. Terjemahan oleh Daniel Yadin. Jakarta: Erlangga.
Kasali, Rhenald. (2008). Metode Riset Kualitatif dalam Public Relations & Marketing Communications. Yogyakarta: Bentang Pustaka.
Kholil, Sukur. (2016). Metode Penelitian Komunikasi, Medan: Perdana Publishing
M. Cutlip Scott, H. Center Allen, M. Broom Glen. (2009). Effective Public Relations. Terjemahan oleh Tri Wibowo. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Moleong. (2017). Metododologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mukarom, Zainal., dan Laksana Muhibudin. (2015). Manajemen Public relation. Bandung : Pustaka Setia.
Ruslan, Rosady. (2014). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi:Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta : Rajawali Pers.
Sugiono. (2016). Metodelogi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alafabeta
Suhardono. (1994). Teori Peran (Konsep, Derivasi dan Implikasinya), Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
JURNAL
Astuti, A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran iNews TV Sumut dalam Meningkatkan Segmentasi Pemirsa (Doctoral dissertation).
Amalia, F. R. (2018). Strategi Komunikasi Pembangunan Dalam Pemanfaatan Dana Alokasi Nagari (Di Nagari Limo Kaum Sumatera Barat) (Doctoral dissertation).
Amelia, S. (2021). EFEKTIVITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PENERTIBAN PEMBANGUNAN DI KOTA MEDAN (Doctoral dissertation, UMSU).
Amrizal, D. (2018). PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI MANAJEMEN MUTU INTERNAL PADA SIKLUS MUTU DI UNIVERSITAS SUMATERA UTARA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Aulia, R., Ginting, R., & Khairani, L. (2020). Model Komunikasi Antarbudaya dalam mewujudkan Nilai-nilai Multikulturalisme melalui Kearifan Lokal Marjambar di Kelurahan Bunga Bondar Sipirok. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 1(2), 197-212.
Diningsih, I. P. (2021). PENGARUH PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA, BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN YANG DIMEDIASI OLEH STRESS KERJA PADA MITRA PENGGUNA JASA LAYANAN BALAI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA MEDAN (Doctoral dissertation).
Ekasari, Y., & Augus, E. (2020). Peranan Rumah Sakit Jiwa Mahoni Dalam Mengembalikan Keberfungsian Sosial Eks Orang Dengan Gangguan Jiwa. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 1(1), 44-57.
Fudzah, N., Bahri, S., & Khairani, L. (2020). PENGARUH KOMUNIKASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABLE INTERVENING PADA PT. POS INDONESIA KANTOR REGIONAL I MEDAN. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 1(3), 173-183.
Faustyna, F., & Jumani, J. (2017). Pengaruh Pengembangan Karir Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pelabuhan Indonesia I (PERSERO) Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 15(1).
Handayani, A. (2018). Pola Komunikasi Marketing Hotel Untuk Meningkatkan Occupancy Di Garuda Plaza Hotel Medan (Doctoral dissertation).
HENDRA, Y., Rudianto, R., & Priadi, R. (2018). ANALISIS MODEL KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM KOMUNIKASI MITIGASI BENCANA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Jalil, I. A., & Tanjung, Y. (2020). Peran Ganda Perempuan pada Keluarga Masyarakat Petani di Desa Simpang Duhu Dolok Kabupaten Mandailing Natal. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 1(1), 58-70.
Kabu, S. R., & Priadi, R. (2020). Kompetensi Komunikasi Pimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Di Kementerian Agama Kabupaten Nias Utara. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 12-22.
Khairani, L. (2020). [BUKU] Sejarah Politik dan Kekuasaan. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.
Lubis, H. (2018). Efektivitas Sosialiasai Pemilu dalam Rangka Meningkatkan Partisipasi Pemilih di KPUD Kabupaten Langkat.
Maulana, Ahmad Wildan. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Membangun Citra Pada Divisi Corporate Communication PT KRAKATAU STEEL (Persero) Tbk. Skripsi. Serang. UNTIRTA.
MEDAN, K. IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA MEDAN NOMOR 7 TAHUN 2002 DALAM RANGKA PENGELOLAAN IZIN PELATARAN PARKIR DI.
MEDAN, P. D. K. K. EFEKTIVITAS SOSIALISASI PILKADA DALAM RANGKA MENINGKATKAN PARTISIPASI.
Nurhadi, Zikri Fahrul. dkk. (2017). Kajian Tentang Efektivitas dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian. Volume :3 No. 1 April 2017. Hal : 93.
Novianti, Noval. (2010). Strategi Public Relations Dalam Mempertahankan Eksistensi Corporate Image Melalui Opini Publik (Studi Kasus Pt Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.). Skripsi. Bogor. IPB
Priadi, R. (2020). [Turnitin] Teacher Communication Effectiveness in the Learning Process. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.
Priadi, R. (2020). [Turnitin] The Phenomenon Of Islamic State Of Iraq And Syria (ISIS) Onrepublika. Co. Idframing, Indonesia. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.
Priadi, R. (2020). [Turnitin] Family Communication Model in Forming Pious Children. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.
Pulungan, D. R., Khairani, L., Arda, M., Koto, M., & Kurnia, E. (2019, October). Memotivasi Anak Usia Dini Menabung Demi Masa Depan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 296-301).
Putri, N. A. (2019). Bullying Dalam Pendidikan (Analisis Semiotika Film Sajen Karya Haqi Ahmad) (Doctoral dissertation).
Ramadhani, F., Ramadhani, U., & Basit, L. (2020). Combination of Hybrid Cryptography In One Time Pad (OTP) Algorithm And Keyed-Hash Message Authentication Code (HMAC) In Securing The Whatsapp Communication Application. Journal of Computer Science, Information Technology and Telecommunication Engineering, 1(1), 31-36.
Saleh, A., & Basit, L. (2018). PENGEMBANGAN MODEL CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN TAMBANG EMAS AGINCOURT RESOURCES DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN TAPANULI SELATAN SUMATERA UTARA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Santoso, P. (2021). [Artikel HaKI] _Konstruksi Realitas Pemberitaan Media. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.
Santoso, P. (2021). [Sertifikat HaKI] _Opini Wartawan Terhadap Kebebasan Pers_Studi Kasus Aliansi Jurnalis Independen dan Persatuan Wartawan Indonesia. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.
Sari, P. P., & Basit, L. (2018). Komunikasi Organisasi Kepala Desa Dalam Membangun Kesadaran Masyarakat Desa Terhadap Pembangunan Desa. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 47-60.
Setyawati, Diana. (2017). Strategi Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Halal Tourism Di Syariah Hotel Solo. Skripsi. Surakarta. IAIN SURAKARTA.
INTERNET
http://www.timah.com/v3/ina/home/ (Diakses pada tanggal 4 Januari 2020 pukul 21.04 WIB)
https://romeltea.com/pengertian-dan-fungsi-komunikasi-perusahaan-komunikasi-korporat / (Diakses pada tanggal 17 Februari 2020 pukul 09.43 WIB)
https://binus.ac.id/malang/2017/09/media-relations-sebagai-konsistensi-public-relations-dalam-membangun-reputasi-perusahaan/ (Diakses pada tanggal 9 April 2020 pukul 09.43 WIB).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL]
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Universitas Muhammadiyah Sumatera UtaraKampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats View My Stats