Akuntabilitas Kinerja ASN dalam Pelayanan bagi Masyarakat di Kelurahan Kota Matsum IV Kecamatan Medan Area

Musria Musria

Abstract


Pelayanan publik adalah segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah di pusat maupun di daerah dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundangan-undangan. Buruknya kinerja pelayanan publik saat ini disebabkan karena belum terlaksananya akuntabilitas yang baik dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Untuk dapat mewujudkan pemerintahan yang baik yang bercirikan Good Governance maka yang paling penting diterapkan prinsip-prinsip salah satunya Akuntabilitas dalam proses pelayanan publik yang dapat meningkatkan kinerja mereka dan mempertanggungjawabkan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Akuntabilitas Kinerja Aparatur Sipil Negara Dalam Pelaksanaan Pelayanan Bagi Masyarakat di Kelurahan Kota Matsum IV Kecamatan Medan Area serta peranan Aparatur Kelurahan Kota Matsum IV Kecamatan Medan Area dalam pelaksanaan pelayanan salah satunya pelayanan Surat Keterangan Tidak Mampu. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Adapun yang menjadi narasumber peneliti berjumlah 6 orang yaitu, PH Lurah Kelurahan Kota Matsum IV Kecamatan Medan Area, Sekretaris Lurah, Kasi Pemerintahan, Kepala Lingkungan serta masyarakat yang telah mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu 2 orang. Hasil dari penelitian ini adalah Akuntabilitas Kinerja Aparatur Sipil Negara Dalam Pelaksanaan Pelayanan Bagi Masyarakat Di Kelurahan Kota Matsum IV Kecamatan Medan Area belum dapat dikatakan terwujud dengan baik dan akuntabel, sesuai dengan beberapa kategorisasi yang berhubungan dengan akuntabilitas, kedisiplinan dan profesionalisme Aparatur yang kurang baik pada jam kerja nya serta tanggung jawabnya dalam pelayanan. Oleh karena itu, dari hasil yang diperoleh melalui penelitian ini dapat dijadikan referensi dan rekomendasi untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pelayanan Surat Keterangan Tidak Mampu kepada masyarakat.

Keywords


akuntabilitas kinerja; pelayanan bagi masyarakat

Full Text:

PDF

References


Ali, K., & Saputra, A. (2020). Tata Kelola Pemerintahan Desa Terhadap Peningkatan Pelayanan Publik Di Desa Pematang Johar. Warta Dharmawangsa, 14(4), 602-614.

Amrizal, D., Yusriati, Y., & Sofyan, Y. M. (2021, August). Meningkatkan Disiplin Guru Melalui Penerapan Kepemimpinan Demokratis Dalam Rangka Manajemen Berbasis Sekolah. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 14-19).

Hajar, D. S., & SOS, S. (2021). Pemerintahan Desa Dan Kualitas Pelayanan Publik (Vol. 1). umsu press.

Hartanto, D., & Siregar, S. M. (2021). Determinants of overall public trust in local government: Meditation of government response to COVID-19 in Indonesian context. Transforming Government: People, Process and Policy.

Hartanto, D., Hidayat, N., & Sazali, H. (2019, January). The Leadership of Head of the Medan City Police Department in Strengthening Community Systems. In 1st Aceh Global Conference (AGC 2018) (pp. 205-209). Atlantis Press.

Hartanto, D., Agussani, A., & Dalle, J. (2021). Antecedents of Public Trust in Government During the COVID-19 Pandemic in Indonesia: Mediation of Perceived Religious Values. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 8(4), 321-341.

Hartanto, D. Strategi Optimalisasi Sistem Pembinaan Penyidik Polri Guna Meningkatkan Kinerja Organisasi. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 12(1), 92-103.

Khairiah, N. (2009). HUBUNGAN ANTARA SIKAP TERHADAP MODEL PENGKADERAN DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PARTISIPASI POLITIK PEREMPUAN DI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA KOTA MEDAN (Doctoral dissertation, UNIMED).

Khairiah, N., & Safira, B. (2021). Pengaruh Pengawasan Internal Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Pariwisata Kota Medan (Doctoral dissertation, UMSU).

Kusnita, N., Wibowo, Y. S., Tanjung, I. S., & Nugroho, R. (2021). Analisis Kebijakan Pengelolaan Pulau-pulau Kecil Terluar dalam Mendukung Potensi Bisnis Transportasi Laut Kepulauan Riau. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(6), 724-734.

Martinelli, I., & Khairiah, N. (2021). Teacher's Perspective on the Implementation of the Law on Teachers and Lecturers in Realizing Excellent Teacher Resources in Medan City. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(3), 5902-5913.

Martinelli, I., & Khairiah, N. (2021). Teacher's Perspective on the Implementation of the Law on Teachers and Lecturers in Realizing Excellent Teacher Resources in Medan City. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(3), 5902-5913.

Mujahiddin, M., & Mahardika, A. (2018). Analisis Potensi Konflik antara Pemerintahan Desa dan Masyarakat Pasca Berlakunya UU No. 6 Tahun 2014 (Studi Kasus pada Desa Paya Geli Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang). Warta Dharmawangsa, (55).

Ramlan, R., Sihombing, E. N., & Fajriawati, F. (2020). The Urgency of Regional Regulation Bill of Serdang Bedagai Regency on Trading Business. Randwick International of Social Science Journal, 1(3), 523-533.

Ramlan, R., & Argawansyah, C. (2020). The Legal Protection of Fishermen Sales in Dealing for Fishery Results in Sibolga. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(3), 1890-1901.

Rizky, R. N. (2017). Lembaga Swadaya Masyarakat, Media Massa dan Hak Anak. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 3(2), 87-96.

Saputra, A., Mahardika, A., & Izharsyah, J. R. (2021). The Rationality of the Max Weber Bureaucracy Model in the Modrenization of the Public Services Bureaucracy of the Industrial Era 4.0 (Case Study of Medan City E-KTP Services). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(3), 6677-6687.

Saputra, A., Ali, K., & Hajar, S. (2021). Acceleration of Public Services Through the Program E-Village in Improving Village Government in Pematang Johar Village. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 10(2), 364-375.

Saputra, A. Pertukaran Sosial antara Kemiskinan dan Kepentingan Politik. ISU-ISU GLOBAL & KONTEMPORER, 55.

Saputra, A., Mahardika, A., & Izharsyah, J. R. (2021). The Rationality of the Max Weber Bureaucracy Model in the Modrenization of the Public Services Bureaucracy of the Industrial Era 4.0 (Case Study of Medan City E-KTP Services). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(3), 6677-6687.

Shandy, V. M., & Amrizal, D. (2020). Efektivitas Penerapan Prinsip Good Governance pada Pelayanan Publik di Kantor Camat Tanah Jawa. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 1(1), 25-29.

Sihombing, E. N., & Iqbal, M. (2020). REGISTRATION LEGALITY OF DEED OF ESTABLISHMENT THROUGH SYSTEM ADMINISTRATION OF ENTERPRISE (THE ANALYSIS OF MINISTRY OF LAW AND HUMAN RIGHTS REGULATION NO. 17 OF 2018). PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(4), 525-540.

Siregar, H. (2018). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Resiko Bisnis, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Hutang Dan Kebijakan Dividen Serta Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan.

Syahputra, B. P., & Tanjung, I. S. (2019). Membangun Sinergi Pusat Karir dan Program Studi Melalui Program Tracer Study dan Pengembangan Karir Lulusan. Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019, 1(1), 237-239.

Syafrizal, S., & Calam, A. (2019). Local Wisdom: Eksistensi Dan Degradasi Tinjauan Antropologi Sosial (Ekplorasi Kearifan Lokal Etnik Ocu Di Kampar Riau). EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5(2).

Syafrizal, S. (2021). Local Wisdom and Social Dilemma Has Allergy Upon Worn Value, Proudly with Currently Values (Viewed from Social Anthropology Perspective for Orang Ocu). Randwick International of Social Science Journal, 2(3), 302-315.

Syafrizal, S. (2021). Recovery Policy Models on Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Affected By Toll Road As A Solution To The Decrease Of Family Life Quality (Case study in the society of Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara). Indonesian Journal of Education, Social Sciences and Research (IJESSR), 2(2), 43-52.

Tanjung, I. S., & Putri, S. P. (2022). Penanggulangan Pandemi Covid-19 Melalui Tindakan Preventif Untuk Mewujudkan Desa Tangguh Covid-19. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 3(1), 119-123.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats View My Stats