Daya Guna Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran Pada Anak Kelompok B Di TK Islam Pondok Sakinah

Ade Nur Aini

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi kemampuan anak terkait penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran pada anak kelompok B di TK Islam Pondok Sakinah. Penelitian ini didapatkan atas asumsi bahwa dengan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menghafal Al Quran pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas media audio visual dalam meningkatkan kemampuan menghafal pada anak. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa efektivitas meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran pada anak usia dini menggunakan media audio visual adalah media yang kurang efektif untuk di terapkan di paud jika media audio visual tersebut dalam penggunaannya tidak dapat menambah kemampuan menghafal Al-Quran pada anak usia dini, media yang digunakan memerlukan media pendukung yang lain. Penelitian ini membuktikan bahwa media audio visual tidak memengaruhi kemampuan menghafal Al-Quran pada anak.


Keywords



Full Text:

PDF

References


Dacholfany, M.I. dan Uswatun Hasanah. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Jakarta: Amzah.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif : Analisis Data. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hidayah, A. (2017). Metode tahfidz al-Quran untuk anak usia dini (kajian atas Buku rahasia sukses 3 hafizh Quran Cilik Mengguncang dunia). vol.18, No. 1.

Hidayah, N. (2019). Metode Tahfidz Al-Quran Anak Usia Dini Di Pesantren AlAnwar Desa Teluk Kulbi Kabupaten Tanjung Jabung Barat . Tanjung Jabung Barat: Skripsi.

Huda, M.N (2018). Budaya Menghafal Al-Qur'an Motivasi dan Pengaruhnya Terhadap Religiusitas.

Jf, N. Z., & Latif, M. A. (2020). Peningkatan Kualitas Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Paud. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(1), 1-16.

Jf, N. Z., & Rahmayani, C. (2021). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Audio Visual Di Ra. Raudatul Ilmi Kecamatan Medan Denai. Aud Cendekia, 1(1), 30-48.

Junaidi. (2018). Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an. Yogyakarta: Bildung Nusantara.

Khadijah, M. A., & Jf, N. Z. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Teori Dan Strateginya. Merdeka Kreasi Group.

Lubis, Z., Fanreza, R., & Sitepu, J. M. (2020, February). Human And Multi Freedom In The Quran. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 851-860).

Mardyawati, L. (2016). strategi Pengembangan bahasa pada anak. Jakarta: kencana.

Masitah, W. (2020, February). Morality In Islam. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 914-922).

Masitah, W., & Hastuti, J. (2017). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Kelompok B Ra Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 147-177.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2017). Peran Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Istiqlal Deli Serdang Tahun Ajaran 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 134-155.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Dan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Pembiasaan Di Ra. Al-Hikmah. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 174-187.

Nasution, M. (2017). Upaya Meningkatkan Moral Pada Anak Melalui Pembiasaan Berbagi Di Ra Nurul Huda Karang Rejo Kecamatan Stabat. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 84-100.

Nasution, M. (2017, September). Pendidikan Agama Dan Kasus Bunuh Diri Di Kalangan Remaja. In Prosiding Seminar Hilirisasi Penelitian Untuk Kesejahteraan Masyarakat Lembaga Penelitian Universitas Negeri Medan (Vol. 28).

Nasution, M. (2018). Pola Asuh Permisif Terhadap Agresifitas Anak Di Lingkungan X Kelurahan Suka Maju Kecamatan Medan Johor. Prosiding Konferensi Nasional, No. Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah, 1-4.

Nasution, M. (2020, February). Rahmah Based Education. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 395-400).

Nasution, M. (2021, January). Factors Affecting Smartphone Addiction In Children. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 108-115).

Nasution, M. Sharpen Naturalistic Intelligence Through Environmental Education In Childhood.

Nasution, M., & Sitepu, J. M. (2017). Perbedaan Sikap Terhadap Aksi Pornografi Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Mahasiswa Fai Umsu. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 84-92.

Nasution, M., & Sitepu, J. M. (2018). Dampak Pola Asuh Terhadap Perilaku Agresif Remaja Di Lingkungan X Kel Suka Maju Kec Medan Johor. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 117-140.

Nasution, M., & Sitepu, J. M. (2018). Dampak Pola Asuh Terhadap Perilaku Agresif Remaja Di Lingkungan X Kel Suka Maju Kec Medan Johor. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 117-140.

Nasution, M., & Sitepu, J. M. (2018). Penerapan Pola Asuh Yang Tepat Di Lingkungan X Kelurahan Suka Maju Kecamatan Medan Johor. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Nasution, M., & Sitepu, J. M. (2018). Penerapan Pola Asuh Yang Tepat Di Lingkungan X Kelurahan Suka Maju Kecamatan Medan Johor. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Nurul Zahriani, J. F., & Wahyuni, N. S. (2021). Upaya Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Kinerja Guru Dan Partisipasi Orangtua Terhadap Pelaksanaan Aktivitas Pembelajaran Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Tk Swasta Tunas Bangsa Medan Timur. Pendalas: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 92-109.

Nurzannah, N., & Sitepu, J. M. (2020, February). Analysis Of Text Books Of Early Islamic Education In Primary Schools (Published By Erlangga And Yudhistira). In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 598-608).

Pembelajaran Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (Tk). Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 3(1).

Putra, N. dan Ninin Dwilestari. (2012). Penelitian Kualitatif PAUD. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Putri, I.R (2016). Implementasi Pendidikan Al-Quran Bagi Anak Balita Di Taman Pengasuhan Anak (Tpa) Assalam Bandungan Kabupaten Semarang Tahun 2016 . Semarang: Skripsi.

Raniyah, Q. (2016). Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk Salsa Ta 2015/2016 (Doctoral Dissertation, Unimed).

Raniyah, Q., & Syamsudin, A. (2019, April). Centerred Concentration For Adhd Children Via Educational Game. In International Conference On Special And Inclusive Education (Icsie 2018) (Pp. 422-426). Atlantis Press.

Rifai, A. (2017). Pendidikan Tahfidz Aanak Usia Dini (TAUD). Jurnal Ilmiah AL QALAM vol. 11, No. 23.

Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2017). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Di Program Studi Pendidikan Agama Islam Fai Umsu 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 47-67.

Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2017). Pengaruh Konsep Diri, Minat Dan Inteligensi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(2), 20-34.

Setiawan, H.R dan Nurzannah. (2018). Media Pembelajaran Teori dan Praktek. Yogyakarta: Bildung Nusantara.

Siswanto, W. (2010). Membentuk kecerdasan Spiritual Anak. Jakarta: Amzah.

Sitepu, J. M., & Fanreza, R. (2020, February). Relationship Between Organizational Culture To Lecturer Performance Professionalism In Islamic Religion Faculty University Of Muhammadiyah Sumatera Utara. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 658-663).

Sitepu, J. M., & Nasution, M. (2017). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Coping Stress Pada Mahasiswa Fai Umsu. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 68-83.

Sitepu, J. M., & Nasution, M. (2018). Kreativitas Pembuatan Media Pembelajaran Big Book Pada Guru-Guru Ra Di Kecamatan Medan Maimun. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Sitepu, M. S., Sitepu, J. M., & Wicaksono, S. (2021). Effect Of Scouting Extracurricular Toward Character Values Of Students At Sdn Gedanganak 01 District East Ungaran, Semarang Regency. Tadulako Social Science And Humaniora Journal, 2(1), 01-07.

Sundhari, A. Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Pelepah Pisang Di Tk Syawal Kecamatan Medan Helvetia.

Wika. (2019). Problematika Dalam Menghafal Al-Quran Bagi Anak-Anak Di Rumah Tahfidz Taman Pendidikan Daarul Ilmi Kelurahan Sukarami Kecamatan Selebar Kota Bengkulu . Bengkulu: Skripsi.

Yuningsih, M. N. F. (2018, April). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Dramatisasi Di Raudhatul Athfal Nurul Fikri Binjai. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian (Vol. 1, No. 1, Pp. 33-40).

Zarzani, T. R., Julpikar, J., & Nasution, M. (2018). Eksplorasi Akar Radikalisme Pada Aksi-Aksi Terorisme. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats