Meningkatkan Kreativitas Menggambar Anak Usia 5-6 Tahun dengan Menggunakan Metode Peer Teaching di Kelompok B RA Rabbani Kec. Salapian

Dwi Nindi Febiyanti

Abstract


Kreativitas merupakan bakat yang secara potensial dimiliki setiap orang yang dapat dibangun dan dikembangkan melalui pendidikan yang tepat. Hakekat pendidikan adalah mengusahakan suatu lingkungan yang memungkinkan pertumbuhan bakat, minat, dan kemampuan anak secara optimal. Salah satu kegiatan yang dapat membangun dan mengembangkan kreativitas anak usia dini diantaranya adalah dengan menggambar. Menggambar merupakan wahana yang tepat untuk membangun kreativitas sejak dini, khususnya di tingkat Anak Usia Dini. Subjek penelitian ini adalah anak didik di kelompok B RA Rabbani Kecamatan Salapian Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2017-2018. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru, dan kepala sekolah. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui tiga siklus yang dirancang secara sistematis dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi Hasil penelitian menyimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menggambar anak melalui metode peer teaching yaitu pada siklus 1 kemampuan menggambar anak meningkat menjadi 20,00%, pada siklus 2 kemampuan menggambar anak meningkat sampai 68,88%, pada siklus 3 kemampuan menggambar anak meningkat sampai 86,88%. Dari hasil pelaksanaan PTK siklus 1 sampai siklus 3 maka metode peer teaching dapat meningkatkan kemampuan kreativitas menggambar anak.

Keywords


Kreativitas; Menggambar; Peer Teaching

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2009, Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : YramaWidya

Aqib, Zainal dan Murdalo, Ali. 2016, Kumpulan Metode Pembelajaran (Kreatif dan Inovatif), Bandung : Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Arikunto, Suharsimi. 2011, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara.

Dreydahl, Peningkatan Aktivitas dan Kreativitas Anak dalam Belajar Mtematika Melalui Pendidikan Heuristik, Terj. Dian Pramesti, Surakarta : Skripsi UMS.Tidak Di Terbitkan.

El Khuloqo Ihsana. 2008, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Http://informasiana.com/pengertian-gambar/diakses 15 Desember2017.

Http://www.pengertianahli.com/2013/11/pengertian-kreativitas-menurut-para-ahli.html?m-1/ diakses 24 Januari 2018.

Isman, Metode Latihan Bersama Teman (Peer Teaching Methods), http://www.gurukelas.com/2012/10/methods-mengajar-sesama-peer-teaching-methods.html, diakses 26 Desember 2017.

Kunandar. 2011, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Rajawali Press

Lumsdainie, Pengertian Kreativitas(http://eko.13.wordpress.com[ home page on- line diakses 19 Desember 2017.

Mansyur. 2007, Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Muhammad As’adi. 2009, Panduan Praktis Menggambar dan Mewarnai Untuk Anak, Yogyakarta : Power Book (Ihdina)

Munandar, Utami. 2011, Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Jakarta : PT Gramedia.

Nasution. 2007, Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Alfa Beta.

Nurgaya. 2011, Strategi dan Metode Pembelajaran, Bandung : Cipta Pustaka Medan Perintis.

Pamadhi, Hajar dan Sukardi, S Evan. 2010, Seni Keterampilan Anak, Jakarta : Universitas Terbuka.

Pekerti Widya. 2008, Metode Pengembangan Seni, Universitas Terbuka Pendidikan Nasional

Q.S. An Nahl, 16 : 78.

Ritono, “Metode Pembelajaran Peer Teaching”, (http://hd-ritono.blogspot.co.id[home, diakses 24 Januari 2018.

Sagala. 2008, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung : Alfa Beta.

Sanjaya. 2009, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan, Jakarta : Prenada Media Grup.

Sujianto. 2010, Mengembangkan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Bina Pustaka.

Sumanto. 2008, Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK, Jakarta : Depdiknas.

Sundaryati. 2008, Pendidikan Kesenian II Seni Rupa. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pembinaan Tenaga Kerja.

Wikipedia, “Definisi Menggambar” (http://www.google.com/search?hl=in-IS&ie=UTF-8&source=android-browser diakses 1 Desember 2017.

Yamin, Martinis. 2007, Profesionalisme Guru dan Implementasi KTSP, Jakarta : Gaung Persada Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats