Fungsi Rumah Al-Quran dalam Mengatasi Buta Aksara Al-Quran bagi Remaja di Dusun II Desa Siahap

Fikri Azra'I

Abstract


Pokok masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peran rumah Al Qur'an dalam mengatasi buta aksara di Dusun II Desa Siahap, dengan sub masalah yaitu bagaimana kondisi psikologis Remaja Buta Aksara? bagaimana langkah rumah Al-Quran desa siahap dalam mengatasi buta Aksara Al-Quran? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah dengan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, teknik analisa data, dan penarik kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi psikologis remaja buta aksara Al-Quran sebagai berikut: pemalu, mudah tersinggung, putus asa dan lain nya. Adapun langkah rumah Al-Quran desa siahap dalam mengatasi buta aksara Al-Quran di dusun II desa siahap adalah dengan mengadakan pembelajaran tingkat iqra, evaluasi bacaan Al-Quran santri, memberikan motivasi, tidak menyakiti perasaan santri. Proposisi dari penelitian ini adalah: dengan kondisi psikologis remaja buta aksara Al-Quran, maka pendiri dan pengurus rumah Al-Quran dapat mengetahui langkah-langkah dalam mengatasi Buta Aksara Al-Quran bagi Remaja di Dusun II Desa Siahap.

Keywords


peran; rumah al-qur'an; buta aksara

Full Text:

PDF

References


Achmadi. (2005). Ideology Pendidikan Islam. cet I:Yogyakarta :Pustaka Pelajar.

Ahmad D. M. (1962). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Cet. I; Bandung: AlMaarif.

Ahmad, S. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar, cet I: Jakarta 2013; Prenadamedia.

Ahmad. (2008). Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. cet. VIII; Bandung: Remaja Rosdakarya,

Akrim, A. (2019). Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa (Belajar Pai Mencetak Karakter Siswa). Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Akrim, A. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Observatorium. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 6(1), 1-10.

Akrim, A. (2020). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Integratif Dalam Pembentukan Jiwa Kepemimpinan Siswa Di Smp Islam Terpadu Khairul Imam Medan (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Alqattham, M, (2005). Pengantar Studi Ilmu Al-Quran. Jakarta pustaka Alkautsar

Amini, N. R., & Daulay, M. Y. (2022, March). Motivation And Religious Understanding Of Students In Hijab At Muhammadiyah University, North Sumatra. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 3, No. 1, Pp. 1235-1242).

Amini, N. R., & Junaidi, J. (2018). Aplikasi Metode Every One Is Teacher Here Dalam Memotivasi Mahasiswa Belajar Mata Kuliah Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan. Seminar Nasional Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan.

Anas, S. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Carlina, A. (2021). Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Al-Qur'an (Vol. 1). Umsu Press.

Dahliana, D., & Kasduri, M. (2022). Pengelolaan Model Pembinaan Tahfidz Quran Di Sma Muhammadiyah 18 Sunggal. Educate: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 18-33.

Daulay, M. Y., & Amin, N. R. (2022). Evaluasi Model Pengajian-Pengajian Muhammadiyah Dan Aisyiyah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01).

Dianto, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 12(1), 34-44.

Dianto, D. (2020, February). Islamic Political Social Values In Society. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 481-489).

Edi, S., & Amini, N. R. (2020). Pembinaan Jamaah Dengan Metode Tadabbur Al-Quran Di Perhimpunan Keluarga Besar-Pelajar Islam Indonesia Sumatera Utara. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 220-228.

Endang, W.W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kualitatif Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara,

Hafriani, R. The Increase In Love-Peace Character Education Through Teaching Hadits Memorization In 5-6 Year-Old Children. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 3(2), 41-49.

Harfiani, R. (2017, November). The Application Of Character Friendly Education Through Teaching Hadith Memorization At Raudhatul Athfal. In Proceeding Of International Conference On Islamic Education (Icied) (Vol. 2, No. 1, Pp. 325-332).

Harfiani, R. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Inklusif Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus: Ra. An-Nahl, Jakarta) (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Harfiani, R. (2021, January). Learning Tahfidzul Qur'an At The Extraordinary School" Sahabat Al-Qur'an" In Binjai. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 1-12).

Heri, J. (2010) Panduan Penulisan Skripsi Teori dan Aplikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Khairiah, N., & Nurzannah, N. (2020). Many Ways To Internalize Islamic Values Implemented In Indonesia. Budapest International Research And Critics Institute (Birci-Journal): Humanities And Social Sciences, 3(4), 3956-3967.

Lexy J. M. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nurhikmah, A. M. Z., & Pasaribu, M. (2021, February). Islamic Education In The Time Of Covid In Madrasah Ibtidaiyah Swasta Balige (Mis Balige). In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, Pp. 257-263).

Pohan, S., & Sudarmanyah, A. F. (2021). Urgensi Penyaluran Bakat Anak-Remaja dalam Menghafal Al-Quran di Desa Jati Kesuma. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 151-164.

Qorib, M. (2014). Reaktualisasi Moralitas Agama (Islam) Dalam Proses Perubahan Masyarakat.

Rulam, A. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan Media Ajar Lubang Hitam Menggunakan Model Pengembangan Addie. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 112-119.

Slameto, (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. cet 4: Rineka Cipta.

Tanjung, E. F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Active Learning Di Smp Al-Muslimin Pandan Tapanuli Tengah (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Tanjung, E. F. (2021). Improving The Quality Of Religious Islamic Education Learning Through Collaborative Learning Approach In Smp Muhammadiyah Pandan Tapanuli Tengah. Budapest International Research And Critics Institute (Birci-Journal): Humanities And Social Sciences, 4(2), 1809-1814.

Tanjung, E. F., & Harfiani, R. (2020, February). The Role Of Islamic Religious Education In Overcoming The Negative Influence Of Technology On Students Smk Muhammadiyah. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 532-542).

Tanjung, E. F., Harfiani, R., & Nurzannah, N. (2020, September). Implementation Of Cooperative Learning Methods In The Learning Of Islamic Religious Education In Darur Rahmad Sambas. In Proceeding International Conference On Language And Literature (Ic2lc) (Pp. 359-363).

Tanjung, E. F., Harfiani, R., & Sampedro Hartanto, H. (2021). Formation Of Soul Leadership Model In Indonesian Middle Schools. Educational Sciences: Theory And Practice, 21(1), 84-97.

Wina, S. (2010). Strategi Pembelajaran Orientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta : kencana.

Yatim, R. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: UNESA university Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats