Dampak Keterampilan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengelola Kelas terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 57 Medan

Femi Rukmana Nasution

Abstract


Keterampilan mengelola kelas bagi guru sangat penting dalam mengajar sehingga menciptakan suasana kelas yang efektif dan efisien. Dengan pengelolaan kelas yang baik maka akan meningkatkan keaktifan belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk mengetahui keterampilan guru pendidikan agama islam dalam mengelola kelas, 2. Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa di SMP Muhammadiyah 57 Medan., 3. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh keterampilan guru pendidikan agama islam dalam mengelola kelas terhadap keaktifan belajar siswa di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, angket dan dokumentasi. Angket diberikan kepada 30 responden yang berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode experimen, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Adapun pendekatan yang digunakan penelitian adalah pendekatan kuantitatif dan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh keterampilan guru PAI dalam mengelola kelas terhadap keaktifan belajar siswa di SMP Muhammadiyah 57 Medan berada pada kategori sangat tinggi dengan korelasi sebesar 0,91- 1,00 hal ini ditunjukkan pada hasil perhitungan product moment yaitu 0,917. Sedangkan nilai dari hasil pada taraf signifikan 5% (0,361) ini berarti (0,917 ? 0,361). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara keterampilan guru PAI dalam mengelola kelas terhadap keaktifan belajar siswa di SMP Muhammadiyah 57 Medan.

Keywords


keterampilan mengelola kelas; keaktifan belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Akrim, A. (2019). Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa (Belajar Pai Mencetak Karakter Siswa). Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Akrim, A. (2020). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Integratif Dalam Pembentukan Jiwa Kepemimpinan Siswa Di Smp Islam Terpadu Khairul Imam Medan (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Akrim, A., & Paridah, P. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Keberanian Anak Untuk Performance Melalui Strategi Bermain Peran Di Ra Al-Muslihin Binjai. Jems: Journal Of Education And Mathematical Science, 1(1).

Amini, N. R., & Junaidi, J. (2018). Aplikasi Metode Every One Is Teacher Here Dalam Memotivasi Mahasiswa Belajar Mata Kuliah Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan. Seminar Nasional Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan.

Dianto, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 12(1), 34-44.

Hamdani, H. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Implementasi Pembelajaran Daring Di SMA Muhammadiyah 1 Medan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI], 1(4).

Harfiani, R. The Increase In Love-Peace Character Education Through Teaching Hadits Memorization In 5-6 Year-Old Children. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 3(2), 41-49.

Harfiani, R. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media Dan Sumber Belajar Tk/Ra Dengan Metode Demonstrasi Di Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Fai Umsu 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 112-113.

Hasan, F.M. (2009). Senjata Jurus Mengajar Mengasyikkan. Semarang: PT Sindur Press.

Heri, J. (2010). Panduan Penulisan Skripsi Teori dan Aplikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Lexy J. M. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nurul Zahriani, J. F., & Wahyuni, N. S. (2021). Upaya Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Kinerja Guru Dan Partisipasi Orangtua Terhadap Pelaksanaan Aktivitas Pembelajaran Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Tk Swasta Tunas Bangsa Medan Timur. Pendalas: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 92-109.

Nurzannah, N. (2018, November). Application Of Authentic Assessment In Various Learning Methods In Improving Student's Morals Through Religious Subjects. In Proceedings International Conference Bksptis 2018.

Nurzannah, N., & Estiawani, P. (2021). Implementasi Metode Tikrar Pada Program Tahfidzul Quran. Ar-Rasyid: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 45-53.

Nurzannah, N., & Ginting, N. (2022, March). Non-Muslim Student Needs For The Aik Curriculum At Muhammadiyah University North Sumatra. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 3, No. 1, Pp. 634-642).

Pane,a. (2017). Belajar dan pembelajaran iain padangsidimpuan. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2).

Pinem, R. K. B., Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019, October). Upaya Peningkatan Kualitas Mubalighat Melalui Pelatihan Public Speaking & Styles Dakwah Pada Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, Pp. 187-193).

Rulam, A. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sardiman A.m. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2017). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Di Program Studi Pendidikan Agama Islam Fai Umsu 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 47-67.

Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan Media Ajar Lubang Hitam Menggunakan Model Pengembangan Addie. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 112-119.

Slameto, (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. cet 4: Rineka Cipta.

Sudjono, A. (2001). Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta.

Suharsini, A. (1996). Pengelolaan Kelas dan Siswa, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syaiful, B.D. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif , Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tanjung, E. F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Active Learning Di Smp Al-Muslimin Pandan Tapanuli Tengah (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Tanjung, E. F. (2021). Improving The Quality Of Religious Islamic Education Learning Through Collaborative Learning Approach In Smp Muhammadiyah Pandan Tapanuli Tengah. Budapest International Research And Critics Institute (Birci-Journal): Humanities And Social Sciences, 4(2), 1809-1814.

Tanjung, E. F., & Harfiani, R. (2020, February). The Role Of Islamic Religious Education In Overcoming The Negative Influence Of Technology On Students Smk Muhammadiyah. In Proceeding International Seminar Of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, Pp. 532-542).

Tanjung, E. F., Harfiani, R., & Nurzannah, N. (2020, September). Implementation Of Cooperative Learning Methods In The Learning Of Islamic Religious Education In Darur Rahmad Sambas. In Proceeding International Conference On Language And Literature (Ic2lc) (Pp. 359-363).

Tanjung, E. F., Harfiani, R., & Sampedro Hartanto, H. (2021). Formation Of Soul Leadership Model In Indonesian Middle Schools. Educational Sciences: Theory And Practice, 21(1), 84-97.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats