Akibat Penggunaan Metode Baghdadiyah terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa di MTS Al Washliyah 05 Kecamatan Medan Belawan Kota Medan

Nur Cahaya

Abstract


Metode baghdadiyah merupakan metode belajar Alquran yang telah lama berkembang di Indonesia. Metode yang dikenal dengan istilah Juz Amma ini juga digunakan secara luas, paling tidak dalam wilayah Asia Tenggara. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh penggunaan Metode Baghdadiyah Terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa di MTs Al Washliyah 05 Kecamatan Medan Belawan Kota Medan? Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berjenis eksperimen, subjek penelitian yang dikenai adalah siswa MTs Al Washliyah 05 Kecamatan Medan Belawan yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian diperoleh Hasil nilai dari korelasi product moment adalah rxy = 0,602 yang berarti bahwa ada korelasi cukup tinggi dan Hipotesis Alternatif (Ha): ada pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Baghdadiyah terhadap kemampuan membaca Al-Quran di MTs Alwashliyah diterima. Persentase kenaikan nilai adalah 77,33% sehingga dapat dikatakan dalam kategori baik. Kesimpulan ada pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Baghdadiyah terhadap kemampuan membaca Al-Quran di MTs Alwashliyah.

Keywords


metode baghdadiyah; kemampuan membaca al-qur'an

Full Text:

PDF

References


Akrim, A. (2019). Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa (Belajar Pai Mencetak Karakter Siswa). Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Harfiani, R. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media Dan Sumber Belajar Tk/Ra Dengan Metode Demonstrasi Di Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Fai Umsu 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 112-113.

Harfiani, R., & Fanreza, R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Lesson Study Praktikum Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media Dan Sumber Belajar Di Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Umsu. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(1), 135-154.

Pinem, R. K. B. (2019). Metode Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 373-395.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats