Akibat Metode Muqathaah Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Tsanawiyah Persiapan 04 Medan

Nurul Fadila

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode muqaththaah terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Persiapan Negeri 04 Medan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, metode eksperimen ini dapat diartikan sebagai metode yang digunakan untuk mencari pengaruh ataupun perbedaan perlakuan tertentu terhadap suatu hal dalam kondisi yang terkendali. Populasi dalam penelitian ini diambil dari seluruh kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Persiapan Negeri 04 medan sebanyak 138 orang siswa. sedangkan sample yang diambil adalah sebanyak 32 siswa dari kelas VIII-1 dan VIII-2. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara metode muqaththaah terhadap hasil belajar hal ini dapat dilihat dari korelasi product moment person dengan table nilai r pada taraf signifikan 5% maka diperoleh = 0,495 lebih besar dari pada yaitu =0,388. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara metode muqaththaah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadits di Madrasah Tsanawiyah Persiapan Negeri 04 Medan.

Keywords


metode muqatha'ah, hasil belajar, al-qur'an hadis

Full Text:

PDF

References


Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Bahri, S. (1993). Cepat Pintar Membaca Menulis Alquran, Jakarta : Bumi Aksara.

Carlina, A. (2021). Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Al-Qur'an (Vol. 1). Umsu Press.

Dianto, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Di Madarasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 12(1), 34-44.

Heki, H. (2019). Relasasi Kuasa Wacana Berpegang teguh kepada dua pusaka peninggalan Rasulullah (Hadis Tsaqolain). Jurnal Universum, 13 (1).

Khairiah, N., & Nurzannah, N. (2020). Many Ways To Internalize Islamic Values Implemented In Indonesia. Budapest International Research And Critics Institute (Birci-Journal): Humanities And Social Sciences, 3(4), 3956-3967.

Limbong, I. E., & Ginting, N. (2021). Pengaruh Kemampuan Baca Alquran Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis Di Madrasah Aliyah Negeri Barus Kab. Tapanuli Tengah. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 6(1), 35-44.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Tanjung, E. F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Active Learning Di Smp Al-Muslimin Pandan Tapanuli Tengah (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats