Problematika dalam Pembelajaran Tajwid di SMP Muhammadiyah 7 Medan

Nurul Lisna Syafifah

Abstract


Penelitian ini dibuat karena terdapat problema yang terjadi dalam pembelajaran tajwid di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Rumusan masalah yang diteliti adalah apa saja problema pembelajaran tajwid di SMP Muhammadiyah 7 Medan, bagaimana proses pembelajaran tajwid di SMP Muhammadiyah 7 Medan, bagaimana upaya yang ditempuh dalam menanggulangi problema pembelajaran tajwid di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui problema dalam pembelajaran tajwid di SMP Muhammadiyah 7 Medan, proses pembelajaran tajwid di SMP Muhammadiyah 7 Medan, upaya yang ditempuh dalam menanggulangi problema pembelajaran Tajwid di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Penelitian ini bersifat penelitian kualitatif pendekatan fenomenologis. Subjek penelitian adalah partisipan yang terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolah, Guru mata pelajaran tajwid, siswa kelas VII-2 SMP Muhammadiyah 7 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah pengamatan, wawancara, dan angket melalui formulir. Bahwa problema yang terjadi pada pembelajaran tajwid di SMP Muhammadiyah 7 Medan adalah 1) Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi dan sering cepat lupa 2) Suasana kelas yang tidak kondusif 3) Guru masih menggunakan metode belajar klasik yaitu metode ceramah. Upaya yang ditempuh untuk menanggulangi problema yang terjadi pada pembelajaran tajwid di SMP Muhammadiyah 7 Medan adalah 1) Guru mata pelajaran tajwid berupaya untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan untuk siswa 2) Guru akan mencoba variasi metode belajar sesuai dengan yang dibutuhkan siswa 3) Guru diharuskan untuk lebih peduli dengan siswa dengan cara memberi perhatian lebih agar siswa patuh dengan guru.

Keywords


problema; pembelajaran; tajwid

Full Text:

PDF

References


Akrim, A., Nurzannah, N., & Ginting, N. (2018). Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Sd Muhammadiyah Di Kota Medan. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Carlina, A. (2021). Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Al-Qur'an (Vol. 1). Umsu Press.

Darajat, Z. (2009). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Fadlillah, M. (2017). Implementasi Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ginting, N., & Hasanuddin, H. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Islam Terpadu Di Sekolah Islam Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Kota Medan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(2), 293-304.

Hamzah, M. (2003). Studi Al-Quran Komprehensif, Yogyakarta: Gama Media.

Junaidi. (2018). Belajar Tajwid, Yogyakarta: Bildung.

Khairiah, N., & Nurzannah, N. (2020). Many Ways To Internalize Islamic Values Implemented In Indonesia. Budapest International Research And Critics Institute (Birci-Journal): Humanities And Social Sciences, 3(4), 3956-3967.

Lembaga Tahfizul Quran Wahdah Islamiyah. (2018). Mahir Tahsin, Makassar: Itqan Manajemen.

Tanjung, E. F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Active Learning Di Smp Al-Muslimin Pandan Tapanuli Tengah (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View My Stats