Dampak Perkembangan Penjualan Dan Intensitas Modal Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Kimia Yang Terdaftar Di Bei

Asmawati Bancin

Abstract


Laju perubahan laba suatu perusahaan akan mempengaruhi kemampuan perusahaan mempertahankan keuntungan dalam mendanai kesempatankesempatan pada masa yang akan datang. Perubahan laba tinggi, maka akan mencerimankan pendapatan meningkat sehingga menunjukkan kinerja keuangan perusahaan sedang baik. Adapun tujuan dari penelitian yang akan dilakukan adalah: Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap perubahan laba pada Perusahaan Kimia yang terdaftar di BEI. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh intensitas modal terhadap perubahan laba pada Perusahaan Kimia yang terdaftar di BEI. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pertumbuhan penjulan dan intensitas modal terhadap perubahan laba pada Perusahaan Kimia yang terdaftar di BEI. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian asosiatif kuantitatif. Penentuan jumlah sampel yang diambil sebagai objek penelitian dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi berganda, asumsi klasik, uji hipotesis dan koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS for Windows Versi 17.0. Berdasarkan hasil penelitian ada pengaruh signifikan Pertumbuhan penjualan terhadap Pertumbuhan laba pada perusahaan kimia yang terdaftar di BEI. Ada pengaruh signifikan intensitas modal terhadap Pertumbuhan laba pada perusahaan kimia yang terdaftar di BEI. Ada pengaruh signifikan Pertumbuhan penjualan, intensitas modal secara bersama-sama terhadap Pertumbuhan laba pada perusahaan kimia yang terdaftar di BEI.


Full Text:

PDF

References


Agnes Sawir. 2003. Analisis Kinerja Keuangan Dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia pustaka utama.

Agus Sartono. 2008. Manajemen Keuangan Teori Dan Aplikasi, Edisi empat, Yogyakarta: BPFE

Alpi, M. F. (2019, October). Penerapan Good Corporate Governance pada PT. Bank BUMN Tbk Regional I Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 355- 364).

Alpi, M. F., & YUSNANDAR, W. (2018). Studi kebijakan hutang: Antaseden dan dampaknya terhadap nilai perusahaan. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Amstrong. 2002. Manajemen keuangan perusahaan. Jakarta: Ghalia Indonesia Arianto. 2008. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan. Jakarta : Selemba Empat

Bambang Riyanto. 2009. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta Universitas gajah mada.

Brigham, Eugene dan Fres Houston. 2006. Dasar dasar Manajemen Keuangan. Jakarta : Selemba Empat

Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171-180 Gultom, D. K., Arif, M., Azhar, M. E., & Mukmin, M. (2021). Peran Mediasi Brand Satisfaction Pada

Pengaruh Self Congruity Terhadap Brand Loyalty. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(1), 72- 85.

Fahmi, M. (2019). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 19(1), 26-39.

Hafiz, M. S., & Wahyuni, S. F. (2021). Analisis Kesiapan Penganggaran Household Atas Dampak Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 21(1), 63-78

Lubis, H. Z., Syahputri, D., Adelia, N. D., & Maherza, W. (2019, October). Tingkatkan Kesadaran Siswa Melalui Budaya Menabung Sejak Dini di Desa Sidourip Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 194-199).

Lubis, H. Z., & Ismaya, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Kelas. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 3(3), 206- 215.

Muis, M. R., Gultom, D. K., Jufrizen, J., & Azhar, M. E. (2020). Model Elektronik Word of Mouth: Citra Destinasi, Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 21(1), 1-19.

Nainggolan, E. P., & Abdullah, I. (2019). Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Bank Milik Pemerintah tahun 20152018. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 19(2), 151-158.

Sanjaya, S., & WAHYUDI, H. (2018). Peran Moderasi Kepemilikan Institusional Terhadap Determinan Return on Equity Di Bursa Efek Indonesia. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Sembiring, M. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Perusahaan Dagang Di Bursa Efek Indonesia. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 3(1), 59-68.

Sembiring, P. L. (2019). NALISIS RANTAI PASOK (SUPPLY CHAIN) LIDI KELAPA SAWIT DI

KECAMATAN HINAI KABUPATEN LANGKAT (Doctoral dissertation).

Sipahutar, R. P., & Sanjaya, S. (2020). Pengaruh Current Ratio dan Total Asset Turnover terhadap Return On Assets Pada Perusahaan Restoran, Hotel Dan Pariwisata yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 19(2), 200-211.

Sanjaya, S., & Sipahutar, R. P. (2019). Pengaruh Current Ratio, Debt to Asset Ratio dan Total Asset Turnover terhadap Return on Asset pada Perusahaan Otomotif dan Komponennya yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 19(2), 136-150.

Wahyudi, H., & SANJAYA, S. S. S. (2018). Efek Mediasi Kepatuhan Wajib Pajak Pada Pengaruh Pemahaman Dan Kesadaran WAjib Pajak Terhadap Keberhasilan Penerimaan Pajak Penghasilan. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Wardati, S. (2020). Analisis Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Di Desa Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang (Doctoral dissertation, UMSU).

Bahagia, R., & Tanjung, H. (2023, February). Conflict of Dual Roles of Female Employees and Work Stress. In Proceeding Medan International Conference on Economic and Business (Vol. 1).

Anggraini, D., Purnama, N. I., & Harahap, S. H. (2022). Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Dengan Memanfaatkan Sumber Daya Alam Melalui Media Sosial Di Desa Timbang Lawan. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 3(3), 46-51.

Fadli, M., Pasaribu, F., Tirtayasa, S., & Tanjung, H. (2023). THE INFLUENCE OF COMPETENCE, SKILL AND EDUCATION OF FIELD AGRICULTURAL EXTENSION WORKERS ON THE QUALITY OF HUMAN RESOURCES OF FARMER GROUPS THE SUMURAN VILLAGE BATANGTORU REGENCY SOUTH TAPANULI. Jurnal Ekonomi, 12(01), 569-576.

Fauzan, A., Tupti, Z., Pasaribu, F., & Tanjung, H. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai dimediasi oleh Komitmen Organisasi. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 6(1), 517-534.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Asmawati Bancin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats