Dampak Return On Asset, Return On Equity Dan Net Profit Margin Terhadap Perkembangan, Laba Pada Perusahaan Subsektor Perkebunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015 2019

Wahyu liana

Abstract


Return On Asset (ROA) adalah menunjukkan seberapa besar aset atau aktiva yang digunakan untuk menghasilkan laba bersih yang tertanam dalam total asset. Return On Equity (ROE) adalah rasio untuk mengukur hasil laba atas laba bersih sesudah pajak dengan modal yang disediakan oleh pemilik perusahaan. Net Profit Margin adalah hubungan antara laba bersih setelah pajak dibagi penjualan yang mengukur hasil akhir dan menunjukkan kemampuan manajemen dari seluruh kegiatan perusahaan. Pertumbuhan laba adalah kenaikan atau penurunan laba per tahun pada perubahan laporan keuangan laba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh Return On Asset, Return On Equity, dan Net Profit Margin terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Subsektor Perkebunan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bersifat assosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pengaruh dan fenomena antara dua variabel atau lebih. Metode penelitian kuantitatif ini berdasarkan pada filsafah positivisme, digunakan untuk menguji populasi atau sampel tertentu. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melalui data sekunder berupa laporan keuangan pada Perusahaan Subsektor Perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015 - 2019 dengan teknik dokumentasi yang berhubungan dengan masalah yang diteliti dan mengunduh data serta informasi dari situs- situs internet yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, hasil regresi linear berganda, uji t statistik, uji F statistik dan koefisien determinasi. Berdasarkan pengujian secara parsial (uji t) dapat disimpulkan bahwa variabel Return On Asset (ROA) berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Laba. Return On Equity berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Laba. Net Profit Margin berpengaruh sginifikan terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Subsektor Perkebunan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan dari hasil Uji F dapat disimpulkan bahwa Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM) secara bersama-sama mempengaruhi Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Subsektor Perkebunan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).


Keywords


Return On Equity, Return On Asset, Net Profit Margin dan Pertumbuhan laba

Full Text:

PDF

References


Abdullah, I. (2020). Pengaruh Likuiditas dan Leverage Terhadap Penghindaran Pajak Pada Perusahaan Makanan dan Minuman. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 20(1), 16-22.

Abdullah, I., & Nainggolan, E. P. (2018). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Motivasi Membayar Pajak Dengan Penerapan UU Tax Amnesty Sebagai Variabel Moderating Pada KANWIL DJP SUMUT I MEDAN. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(2), 181-191.

Andriyani, I. (2015). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 13(3), 343 - 358.

Fahmi, M. (2019). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 19(1), 26-39.

Gultom, D. K., Arif, M., Azhar, M. E., & Mukmin, M. (2021). Peran Mediasi Brand Satisfaction Pada Pengaruh Self Congruity Terhadap Brand Loyalty. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(1), 72- 85.

Gunawan, A., & Wahyuni, S. F. (2013, April). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Perdagangan di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 13(1), 63-84.

Hafiz, M. S., Radiman, Sari, M., & Jufrizen. (2019, November). Analisis Faktor Determinan Return On Asset Pada Bank BUMN Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 8(2), 107-122.

Hani, S. (2021). [TURNITIN] GOOD CORPORATE GOVERNANCE MECHANISMS IN MEASURING QUALITY OF FINANCIAL STATEMENTS AND TRANSFER INVESTOR LEVELS. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Harahap, S. H., & ALPI, M. F. (2018). PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIDALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN PADA

PERGURUAN TINGGI DI KOTA MEDAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Irsan, M. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan Daging Sapi (Studi Kasus: Pusat Pasar Kota Medan) (Doctoral dissertation).

Lubis, H. Z., & Ismaya, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Kelas. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 3(3), 206- 215.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wahyu liana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats