Dampak Profitabilitas Dan Biaya Operasional Terhadap Pajak Pendapatan Badan Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bei Periode 2015-2020

Syabila Oktaviana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh Net Profit Margin terhadap pajak penghasilan badan dan untuk menguji dan menganalisis pengaruh biaya operasional terhadap pajak penghasilan badan pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI.Populasi pada penelitian ini seluruh Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 162 perusahaan dan sampel dari penelitian pada perusahaan manufaktur untuk sector makanan dan minuman sebanyak 6 perusahaan dengan 6 tahun pengamatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif, analisis Regresi Linear Berganda, Uji Parsial, Uji Determinan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Profitabilitas secara parsial berpengaruh terhadap Pajak Penghasilan Badan Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2020, Biaya Operasional secara parsial berpengaruh terhadap Pajak Penghasilan Badan Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2015- 2020dengan Nilai R Square yaitu sebesar 0,629 atau 62,9% yang artinya besarnya pengaruh dari Pajak Penghasilan Badan dengan Profitabilitas dan Biaya Operasional sedangkan sisanya 37,1% variabel-variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini, misalnya hutang perusahaan, ukuran perusahaan likuditas perusahaan dan variabel lainnya


Keywords


Profitabilitas, Biaya Operasional dan Pajak Penghasilan Badan

Full Text:

PDF

References


Dalle, J., Hayat, A., Karim, A., Tirtayasa, S., Sulasmi, E., & Prasetia, I. (2021). The influence of accounting information system and energy consumption on carbon emission in the textile industry of Indonesia: Mediating role of the supply chain process. International Journal of Energy Economics and Policy, 11(1), 536-543.

Rahmayati, R. (2021). Competition Strategy In The Islamic Banking Industry: An Empirical Review. International Journal Of Business, Economics, And Social Development, 2(2), 65-71.

Trianto, B., Rahmayati, R., Yuliaty, T., & Sabiu, T. T. (2021). Determinant factor of Islamic financial inclusiveness at MSMEs: Evidence from Pekanbaru, Indonesia. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 105-122.

Wahyuni, T., Siregar, P. A., & Bancin, K. (2020). Faktor Makroekonomi dan Mikroekonomi dalam Pembiayaan Bermasalah Bank Syariah di Indonesia. Equilibrium, 8(1), 89-108.

Butar-Butar, A. J. R. (2019). Historiografi Ilmu Falak di Nusantara: Sejarah, Motivasi dan Tokoh Awal. Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, 2(2), 156-173.

Raisal, A. Y., Hidayat, M., Hermawan, L., & Rakhmadi, A. J. (2021). The Effect of the Installation Angle of the Sky Quality Meter on the Night Sky Brightness and the Beginning of the Fajr Prayer Time. Indonesian Review of Physics, 3(2), 35-39.

Hidayat, M., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2020). Measuring the Apparent Magnitude of Planet Mars on August 1st and October 2nd, 2018 at the Falak Observatory at Muhammadiyah University of North Sumatera. Indonesian Review of Physics (IRiP), 3(1), 6-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syabila Oktaviana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats