Pengembangan LKPD Dengan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Dan Semangat Belajar Matematika Siswa Smp
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaran Explicit Instruction yang dapat meningkatkan hasil belajar matematis peserta didik yang valid. Penelitian ini menggunakan pengembangan Research and Development (R&D)model 4-D yang meliputi empat tahapan yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun dimodifikasi maka penelitian ini sampai 3-D yang meliputi tiga tahapan yaitu tahapan pendefenisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (Develop). Tahapan define maerupakan tahapan awal dari permasalahan. Tahapan design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi. Tahapan develop dilakukan validasi instrumen berupa angket kepada validator oleh ahli media dan guru. Hasil dari penelitian menghasilkan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaran Explicit Instruction untuk meningkatkan hasil belajar matematis siswa kelas VIII yang valid. Berdasarkan hasil dari angket validator lembar kerja peserta didik dapat di nilaidari validasi ahli media dengan rata-rata nilai 3,00 dengan kriteria Baik dan apabila dipersentasekan yaitu 75% dalam kategori Layak untuk penilaian RPP. Adapun untuk hasil penilaian pada Bahan Ajar yang berupa Lembar Kerja Peserta Didik yaitu 3,02 dengan kriteria Baik dan apabila dipersentasekan yaitu 75,55% dalam kategori Layak. Kemudia hasil penilaian dari angket peserta didik diperoleh rata-rata persentase 85,96% dengan kategori sangat positif dan dapat dibuktikan bahwa lembar kerja peserta didik (LKPD) berkategori efektif.
Kata Kunci: LKPD, Explicit Intruction
Full Text:
PDFReferences
Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(2), 13-17.
Batubara, I. H. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Sofware Geogebra. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1).
Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 43-53.
Dachi, Surya Wisada. (2018). Upaya Pengembangan Materi Ajar Berbasis Media Instructional Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Prodi Pendidikan Matematika. Jurnal Edutech Vol.4 No 2.
Depdiknas.(2008).Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depatermen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan Dasardan Menengah.
Dewangga, jurais. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Explicit Instruction dan Reward and Punishment ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa. Juranl akademik pendidikan matematika, volume6, Nomor1.
Hudoyo.1988.Pengembangan Kurikulum Matematika Dan Pelaksanaannya Didepan Kelas.Surabaya:Usaha Nasional.
Isman, M., & Nasution, D. K. (2018, November). Re-Exploring Local Wisdom in The Folktale" Asal Usul Masyarakat Batu Bara" to Build Students' Local Culturebased Character. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 1, pp. 31-38).
Manurung, Y. H., Nasution, D. K., & Arda, M. (2021, October). Peningkatan Ketrampilan Guru Dalam Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Metode Pembelajaran Berbasis Online Di Smp Muhammadiyah 61 Medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1).
Manurung, Y. H., Nasution, D. K., & Arda, M. (2021, October). Peningkatan Ketrampilan Guru Dalam Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Metode Pembelajaran Berbasis Online Di Smp Muhammadiyah 61 Medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1).
Nasution, D. K. (2017). Increasing The Students Reading Short Story Ability Through Brainstorm Sheet Technique.
Nasution, D. K. (2018). PENERAPAN TEKNIK MOLINA & ALBIR DALAM PENERJEMAHAN TEKS MANTERA JAMUAN LAUT DARI BAHASA MELAYU KE DALAM BAHASA INGGRIS. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Nasution, D. K. (2020). Improving The Students Achievementr In Listening By Applying Debate Plus Method. Indonesian Journal of Education and Mathematical Science (IJEMS). UMSU.
Nasution, D. K., & Sinar, T. S. (2017). Borrowing Technique in the Translation of Incantation Texts of Sea Offerings. Researchers World, 8(2), 125.
Nasution, D. K., & Siregar, F. S. (2021). Investigating the Impact of Code-Switching on English Foreign Language Students Speaking Confidence. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2), 194-199.
Nasution, D. K., & Syahputra, R. (2020, October). The Impact of the Translation Techniques and Ideologies on the Quality of the Translated Text of Mantra Jamuan Laut from Malay Language into English. In Proceeding International Conference on Language and Literature (IC2LC) (pp. 165-171).
Nasution, D. K., Panah, E., & Atmojo, W. T. Tertiary Students Preference of Online Educational Games in the Language Learning Course. TESOL INTERNATIONAL JOURNAL, 109.
Ngalimun, (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Kalimantan Tengah: AswajaPressindo.
Panca, B. (2015). Interpreting Shifts By Tour Guide At King Sidabutars Stone Tombs. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(02).
Panggabean, Ellis Mardiana.(2015). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Strategi React Pada Mata kuliah Struktur Aljabar I Di Fkip UMSU. Jurnal EduTech Vol.1 No1.
Panggabean, S., Nasution, E., & Batubara, I. H. (2020). PKM Pelatihan Massive Online Open Course (Mooc) Berbasis Quizizz Bagi Guru Smp Dan Sma Satu Nusa Yayasan Abdurrahman Ayun Binjai. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 238-247.
Prastowo.2011.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Pers
Rahmawati utari dan kawan-kawan, (2016). Pengaruh model pembelajaran explicit intruction berbantuan lingkungan alam sekitar terhadap hasil Belajar ipa siswa kelas IV. Jurnal PGSD, volume 4 no.1
Sanjaya.Wina.2012.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Sanjaya.
Sari, I. P., Al-Khowarizmi, A. K., & Batubara, I. H. (2021). Cluster Analysis Using K-Means Algorithm and Fuzzy C-Means Clustering For Grouping Students' Abilities In Online Learning Process. Journal of Computer Science, Information Technology and Telecommunication Engineering, 2(1), 139-144.
Satriawati,Gusti.2006.Pembelajaran dengan Open Ended Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Komunkasi Matematik SiswaSMP dalam Jurnal Algoritma. Jakarta :CeMED Jurusan Pend Matematika
Sudijono.2010.Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta:Rajawali Press
Syaban, Mumun. Menumbuhkan Daya Matematis Siswa [online], http://educare.e-fkipunila.net,tgl10 April 2014
Syahputra, B. P. (2018). Improving the Students Translating Skill through Consecutive Interpreting Technique.
Syahputra, B. P. (2018). TEKNIK REFORMULASI PENERJEMAHAN LISAN OLEH PEMANDU WISATA DI OBJEK WISATA MAKAM KUNO RAJA SIDABUTAR PULAU SAMOSIR SUMATERA UTARA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Syahputra, B. P., Amri, Y. K., & Sagala, R. W. (2021). Linguistic Competency Analysis of Consecutive Interpreting Results for 6th Semester Students of FKIP UMSU. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(3), 7092-7098.
Syahputra, B. P., Saragih, A., Lubis, S., & Muchtar, M. (2017). INTERPRETING TECHNIQUES BY A TOUR GUIDE AT THE ANCIENT TOMBS OF RAJA SIDABUTAR. Researchers World, 8(1), 151.
Syahputra, P., Saragih, A., Lubis, S., & Muchtar, M. (2017). B. Study of the Interpreting Techniques used by the Tourist Guides in the Tourism Attractions of North Sumatra. Int. J. Engl. Lang. Treansl. Stud, 5, 14-20.
Syamsuyurnita, S., & Nasution, D. K. (2017). Development of Indonesian language book using Glasser model. Journal of Applied Studies in Language, 1(1), 15-22.
Trianto.2007.Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: PrestasiPustaka
Trianto.2010.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasi padaKTSP.Jakarta: Kencana
Widoyoko.2012.Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta:PustakaBelajar
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View My Stats