Efektivitas Layanan Informasi Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Orientasi Karir Siswa Dalam Pilihan Jurusan Siswa Di Kelas Viii Smp Al- Wasliyah 30 Medan Tahun Ajaran 2020/2021

Jelika Mutia Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan informasi berbasis multimedia untuk meningkatkan orientasi karir siswa dalam pilihan jurusan di kelas VIII SMP AL-Wasliyah 30 Medan. Subjek penelitian ini adalah 30 orang siswa di kelas VIII A dan B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Desain yang digunakan One-Group Pretes-Posttest Design. Dalam penelitian ini ada dua kelompok yaitu kelompok control dan eksprimen untuk membandingkan kedua kelompok. Dalam pengambilan data diukur sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan angket (kuisoner) yang terdiri dari pertanyaan mengenai orientasi karir. Dalam pengujian Hipotesis menggunakan SPPSS (Statistical Product and Service Solution) for windows release 20.0. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebelum diberikan perlakuan (Pre-Test) kepada kelompok control diketahui rata-rata 41 kategori rendah sedangkan kelompok eksprimen diketahui bahwa rata[1]rata 40 kategori rendah. Kemudian berdasarkan penelitian diberikan perlakuan (Post-Test) kepada kelompok eksprimen dalam layanan informasi berbasis multimedia diketahui rata-rata 85 kategori sangat tinggi,sedangkan kepada kelompok control dalam layanan informasi menggunakan metode ceramah diketahui rata-rata 74 kategori tinggi. Jadi berdasarkan hasil penelitian: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan orientasi karir siswa pada kelompok eksperimen, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) mengikuti layanan informasi yang mengkombinasikan metode ceramah dan berbasis multimedia. 2) Terdapat perbedaan orientasi siswa pada kelompok kontrol, sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) mengikuti layanan informasi yang menggunakan metode berbasis multimedia.3) Tidak terdapat perbedaan orientasi karir siswa pada kelompok eksperimen yang diberikan layanan informasi yang mengkombinasikan berbasis multimedia.

Kata Kunci: Orientasi Karir,Multimedia


Full Text:

PDF

References


Arifin, M. (2018). Manajemen Pendidikan Masa Kini. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Arifin, M. (2020). (BUKU) Buku Nilaiku Tergantung Jaringan. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar, Saifuddin. 2008. Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Azwar, S. 2010. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Darmajari, Heriawan Adang, Senjaya Arif.2012. Metodologi Pembelajaaran:

Ekayati, R., & Arifin, M. A. (2020). Gerakan Literasi Kampung Sadar Sastra (Gelikam Rasa) Di Desa Manunggal. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 6-10.

Ekayati, R. (2020). Shadowing Technique on Students Listening Word Recognition. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 31-42.

Emelia, T. W. (2018). Pengrajin Tikar Pandan di Desa Alue O Idi Rayeuk. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(1), 551-555.

Emelia, T. W., & Diah, H. T. (2019). ANALISA KESALAHAN ARTICLE DFINI DAN INDFINI DALAM BAHASA PERANCIS. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA.

Kajian Teoritis Praktis; Model, Pendekatan, Strategi, Metode, Dan Teknik Pembelajaran. Serang Banten: LP3G (Lembaga Pembinaan Dan Pengembangan Profesi Guru).

Friedenberg, Lisa. 1995.Psychological Testing : Design, Analysis and Use. Boston : Allyn and Bacon Gerungan, 2004.Psikologi Sosial. Bandung: Rafika Aditama

Ginting, P., Hasnah, Y., & Hasibuan, S. H. (2021). Pkm Pelatihan Tindakan Kelas (Ptk) Berbasis Student Centered Learning (Scl) Bagi Guru Smp Di Kecamatan Medan Deli. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 58-72.

Guilford, J.P. 1956. Fundamental Statistic In Psychology and Education.McGraw- Hill Book Company. Inc, New York

Hanafiah, Nanang. dan Cucu, Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. PT Refika Aditama. Bandung.

Haryati, F., & Sari, A. W. (2018). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus FKIP UMSU. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(1), 35-49.

Haryati, F., & Sari, A. W. (2018). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus FKIP UMSU. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(1), 35-49.

Hasibuan. M. Fauzi. 2018. Efektivitas Layanan Informasi Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Dalam Mengurangi Sikap Siswa Terhadap Gaya Hidup Hedonisme. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman Volume 4, Nomor 1,

Hasnah, Y. (2017). TEACHERS AS ROLE MODELS IN NURTURING STUDENTSCHARACTER. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA, (3).

Heryadi. Dedi. 2014. Metode Penelitian Bahasa. Bandung. Pusbill

Hudson & Whisler. 2000. Contextual Teaching And Learning for Practitioners. New York: Valdosta State University.

Jones, J Arthur. 1970. Principles of Guidance. New Delhi: Tata McGraww-Hill Publishing Company LTD.

McCabe, D.L,. Trevino, L.K,.& Butterfield, K.D,. 2001. Cheating in Academic Institutions: A Decade of Research. Faculty of Management, Rutgers University, Newark.

Mustofa.Akhwani. 2019. Strategi Penanaman Nilai-Nilai Antikorupsi Di Sekolah Dasar. Education and Human Development Journal Volume 4.Nomor 2.

Mugiarso, H, dkk. 2004. Bimbingan dan Konseling. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Nelvitia. P. Zaini. S. 2018. Sosialisasi Pembudayaan Pendidikan Orientasi Karir Berbasis Madrasah Untuk Menanamkan Anti Orientasi Bagi Siswa.Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 2 No. 1

Nurhadi, 2004.Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Perdana, P. R., Batumbara, I. H., & Sagala, R. W. (2021). Pembuatan Aplikasi Berbasis Online Bagi Guru SMP Muhammadiyah Kota Medan Pada Masa Pandemic Covid 19. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 26-30.

Pramudiastuti.N.,Firman. 2016. Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Prinsip Konstruktivisme Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling.

Prayitno Erman Amti, 2004.Dasar dasar Bimbingan dan Konseling Edisi revisi.Jakarta : Rineka Cipta

Sagala, R. W. (2018). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling.

Sari, A. W. (2021). The Effect Of Object-Oriented Programming (Adobe-Flash) Based Multimedia Learning Methods On English For Tourism Courses. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).

Sari, A. W. (2021). The Effect Of Object-Oriented Programming (Adobe-Flash) Based Multimedia Learning Methods On English For Tourism Courses. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).

Wahyuni, R., & Hasnah, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Writing terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa pada Mata Kuliah Creative Writing. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA, 8(10).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats