Analisis Penggunaan Disfemia Pada Tuturan Peserta Dua Sisi Talk Show Kebebasan Berpendapat Berujung Persekusi Di Tv One

Isman Suryani Hasibuan

Abstract


Bahasa merupakan alat komunikasi penting bagi manusia , berbicara mengenai bahasa bahasa tidak terlepas dari penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jadi penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk disfemia pada tuturan peserta dua sisi talk show di Tvone, yang dianalisis berdasarkan bentuk disfemia kata, frasa, dan ungkapan. Lokasi penelitian ini siaran youtube yang menjadi focus analisis dalam penelitian ini adalah acara dua sisi talk show kebebasan berpendapat berujung persekusi di TvOne. penelitian yang digunakan dalam penelitian ini studi dokumentasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penguasaan bahasa yang baik dilingkungan para politisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu mendengarkan, catat dan menganalisis. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat penggunaan bahasa disfemia dalam bentuk kata, bentuk frasa, dan bentuk ungkapan. Bahasa disfemia dalam bentuk kata terdapat dalam tuturan durjana, bahasa disfemia dalam bentuk frasa terdapat dalam tuturan aparat keparat. Bahasa disfemia dalam bentuk ungkapan yaitu Adu domba


Full Text:

PDF

References


Amini, A., SYAMSUYURNITA, S., & HASNIDAR, H. (2018). MODEL MANAJEMEN PEMBERDAYAAN TABUNGAN SISWA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Amini, A., Syamsuyurnita, S., & Hasnidar, H. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Terintegrasi Pada Tingkat Pendidikan Dasar di Kota Medan. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Arini Ar, Juita dkk. 2015. Ungkapan Tabu dalam Tuturan Peserta pada Acara ILC. Jurnal Bahasa & Sastra Pembelajaran.

Butar-Butar, C. 2016. Semantik Teori dan Praktik. Medan : Perdana Publishing Chaer Abdul. 2002. Kamus Ungkapan Bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.

Kemal, I. (2013). Kemampuan Menulis Surat Dinas. Jurnal Metamorfosa, 1(1), 1-10.

Kemal, I. (2013). Makna Kontekstual Bahasa Iklan Rokok di Televisi. Visipena, 4(1), 1-20.

Kemal, I. (2013). Peningkatan kemampuan menganalisis unsur intrinsik teks drama dengan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Jurnal Metamorfosa, 1(2), 45-55.

Kemal, I. (2015). ANALISIS SWOT SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA BANDA ACEH. Visipena, 6(1), 122-132.

Kemal, I. (2018). Analisis Tokoh dan Penokohan dalam Hikayat Muda Balia Karya Teuku Abdullah dan M. Nasir. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2).

Kemal, I. (2018). Analisis Tokoh dan Penokohan dalam Hikayat Muda Balia Karya Teuku Abdullah dan M. Nasir. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2).

Kemal, I., & Fitri, R. (2015). Analisis nilai pendidikan karakter dalam novel diantara asa, cinta dan cinta karya isa elfath. Jurnal Metamorfosa, 3(2), 45-57.

Kemal, I., & Hasibuan, R. A. (2017). Manajemen kewirausahaan melalui strategi berbasis sekolah di Islamic Solidarity School. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(1), 71-81.

Kemal, I., & Hasibuan, R. A. (2017). Manajemen kewirausahaan melalui strategi berbasis sekolah di Islamic Solidarity School. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(1), 71-81.

Kemal, I., & Huda, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Mendongeng Pada Kelompok B di TK Al-Ikhlas Lamlhom Kecamatan Lhoknga Aceh Besar. Jurnal buah hati, 1(2), 51-85.

Kemal, I., & Nurbaya, S. (2017). PENGARUH HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENULIS PANTUN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS IV SD NEGERI 70 BANDA ACEH. Jurnal Tunas Bangsa, 4(1), 14-29.

Kemal, I., & Rosyidi, U. (2019). Management of Lecturers Resource Development at Higher Education. International Journal of Higher Education, 8(5), 246-256.

Kemal, I., & Setyanto, E. (2017). The effectivenes of managerial skills of state elementary school principals in East Jakarta. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 5(2), 157-168.

Kurniawati Heti. 2011. Eufismisme Dan Disfemisme Dalam Spiegel Online.Litera.10.1

Mayasari, L. I., & Kemal, I. (2020). Does Organisational Culture and Creativity Influence Principals Decision Making?. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 14(2), 625-639.

Mayasari, L. I., & Kemal, I. (2020). The role of teachers in implementing distance learning in the middle of the covid-19 plague. Systematics Review in Pharmacy, 11(12), 1553-1557.

Metahodhos.blogspot.com.diakses jam 10:10.21November 2019

Mutaleb, A., & Kemal, I. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) dalam Meningkatkan Membaca Siswa Kelas V SD Negeri 10 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Tunas Bangsa, 1(2), 44-69.

Puspawati, Eriza dkk. 2007. Ungkapan Tabu Di Desa Cimpungan Subelen Kecamatan Siberut Tengah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jurnal ilmu budaya.

Sahudra, T. M., Taher, A., & Kemal, I. (2021). E-Learning Development Management with The Schoology Improving Geographic Learning Literation. Journal of Education Technology, 5(1), 70-75.

Sejati, Nugroho. Disfemia dalam rubric Olimpik di Harian Bola: jurnal Arkais, Vol.06.

Setyanto, E., Kemal, I., Suryadi, M., & Soefiajanto, T. A. (2020). Management of Culture-Based Education in the Special Region of Yogyakarta. Journal of Talent Development and Excellence, 12(1), 2485-2496.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: baad@umsu.ac.id


Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats